Suara Voters di KLB PSSI 2023 Bisa Dibeli, Pengamat Minta KPK Masuk untuk Awasi

Pengamat sepak bola menyebut perputaran uang di KLB PSSI sangat kencang

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 19 Januari 2023 | 14:03 WIB
Kongres Biasa PSSI 2023. (Dok. PSSI)

Kongres Biasa PSSI 2023. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pengamat sepak bola Indonesia, Sigit Nugroho, blak-blakan menyebut suara voters di Kongres PSSI bisa dibeli dengan uang dalam perebutan kursi Ketum PSSI.

Sigit Nugroho bahkan mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengecek ada tidaknya praktik suap-menyuap dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang akan bergilir pada 16 Februari mendatang.

Menurut Sigit, sudah bukan rahasia bahwa para tokoh yang ingin menjadi Ketua Umum PSSI "membayar" suara voters demi memuluskan langkah untuk menduduki kursi nomor satu di federasi sepak bola nasional itu.

Pengamat sepak bola nasional, Sigit Nugroho saat memberikan pandangannya terkait pemilihan calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Tangkapan layar Youtube Official iNews)
Pengamat sepak bola nasional, Sigit Nugroho saat memberikan pandangannya terkait pemilihan calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Tangkapan layar Youtube Official iNews)

"Kita semua tahu seperti apa kongres di Indonesia, kongres PSSI itu. Money gamenya sangat intens," kata Sigit Nugroho dikutip dari video wawancara yang tayang di YouTube iNews, Kamis (19/1/2023).

"Kita tidak perlu menutup mata, kalau KPK mau masuk silahkan."

"Uangnya banyak. 87 pemilik suara dikalikan puluhan juta. Ini bisa dilacak. Tidak perlu justice collaborator, tunjukkan saja siapa yang mau membantu, itu sangat terbuka," tambahnya.

Bursa calon Ketua Umum PSSI diketahui telah mengerucut menjadi lima sosok. Mereka adalah Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Arif Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djami Francis.

Menurut Sigit, beberapa sosok yang maju sebagai bakal calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 memang layak untuk menukangi federasi sepak bola nasional itu. Namun, kunci untuk memenangkan "pertarungan" tetaplah suara terbanyak alih-alih kompetensi semata.

“Tapi apakah dia (salah satu calon) mendapat suara banyak? Kan kuncinya di situ, suara, di kongres. Ini siapa berani bayar berapa akan ada hasilnya," jelas Sigit.

“Kalau siapa dukung siapa tanpa bayaran, oke, katakan ada, Lets see, tapi itu mungkin 5 persen, pertemanan. Tapi sebagian besar tidak.”

“Boleh cek nanti, bagaimana permainan orang untuk menjadi Exco (Komite Eksekutif PSSI), bagaimana permainan menjadi Ketua Umum PSSI. Itu begitu kotor,” lanjutnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak