Sejak Shin Tae-yong Melatih, Berikut 5 Negara yang Pernah Kalahkan Timnas Indonesia

Berikut 5 negara yang pernah kalahkan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 19 Januari 2023 | 19:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kanan) beserta para pemain dan staf pelatih menyapa para suporter usai mengalahkan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kanan) beserta para pemain dan staf pelatih menyapa para suporter usai mengalahkan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan negara yang pernah mengalahkan Timnas Indonesia selama ditukangi oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Dua tahun sudah Shin Tae-yong menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia, sejak ditunjuk oleh PSSI pada akhir tahun 2019 lalu.

Selama dua tahun menukangi Timnas Indonesia, pelatih berusia 52 tahun ini telah memimpin skuad Garuda melakoni berbagai ajang yang bisa diikuti.

Baca Juga: Menilik Alasan Malaysia Tak Undang Timnas Indonesia di Piala Merdeka 2023

Dari Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala AFF 2020 dan 2022, serta ajang-ajang bertajuk FIFA Matchday.

Selama kurun waktu tersebut, total sudah 29 pertandingan Timnas Indonesia dipimpin oleh eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

Catatannya dalam 29 laga itu pun tak terbilang buruk, dengan mencatatkan 16 kemenangan, 7 hasil imbang, dan hanya menelan 6 kekalahan.

Baca Juga: Selebrasi Unik Penjegal Saddil Ramdani usai Juara Piala AFF 2022, Tiru David Alaba

Usut punya usut, enam kekalahan yang diderita Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia itu ternyata didapat dari lima lawan saja atau lima negara saja.

Lantas, negara mana saja yang mengalahkan Timnas Indonesia saat ditukangi oleh Shin Tae-yong? Berikut daftarnya.

1. Oman

Baca Juga: Gacor Bawa Persebaya Surabaya Menang Telak, Marselino Ferdinan Bilang Begini

Oman menjadi negara pertama yang mengalahkan Timnas Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae-yong, yakni pada Mei 2021 silam.

Di laga persahabatan itu, skuad Garuda harus bertekuk lutut dengan skor 1-3 dari Oman dalam laga yang digelar secara tertutup itu.

2. Vietnam

Baca Juga: Media Vietnam Tak Sungkan Puji Marselino Ferdinan yang Jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

Lawan kedua yang berhasil mengalahkan Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong adalah Vietnam, yakni pada Juni 2021 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor 0-4.

Vietnam pun menjadi tim yang paling sering mengalahkan Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong, yakni sebanyak dua kali dari tiga kali di ajang resmi.

3. Afghanistan

Kekalahan ketiga Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia didapat saat menghadapi Afghanistan di laga persahabatan yang digelar pada November 2021 lalu.

Saat itu, skuad Garuda sudah diperkuat Elkan Baggott. Tapi, hadirnya pemain keturunan itu tak memberi banyak dampak menyusul kekalahan 0-1 dari Afghanistan.

4. Thailand

Tak hanya Vietnam, Shin Tae-yong juga harus menelan kekalahan dari tim Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand dengan skor 0-4.

Ironisnya, kekalahan dengan skor besar itu didapat di laga penting yakni leg pertama final Piala AFF 2020, yang otomatis mengubur mimpi Shin Tae-yong mempersembahkan gelar ke Timnas Indonesia.

5. Yordania

Negara kelima yang mengalahkan Timnas Indonesia adalah tim kuat asal Timur Tengah, yakni Yordania di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022 lalu.

Saat itu, Timnas Indonesia harus menyerah dengan skor tipis yakni 0-1 dari Yordania. Meski kalah, hasil ini tak terbilang buruk mengingat lawannya itu berada dalam ranking 100 besar FIFA.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak