Tak Ajak Timnas Indonesia ke Piala Merdeka 2023, Malaysia Kena Karma?

Malaysia diduga 'kena karma' tak undang Timnas Indonesia di Piala Merdeka 2023.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 22 Januari 2023 | 11:30 WIB
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Gol.bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang tengah bersiap menggelar turnamen Piala Merdeka 2023 menghadapi suatu masalah setelah sebelumnya sempat menjadi sorotan netizen karena tak mengajak Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sempat menyebut bahwa tim-tim yang diundang untuk mengikuti Piala Merdeka 2023 hanyalah kontestan yang berstandar Asia.

Itulah sebabnya, mereka tak mengundang Timnas Indonesia untuk berpartisipasi pada turnamen ini karena menganggap bahwa level permainan skuad Garuda masih jauh dari level Asia.

Mereka pun mengundang beberapa negara ASEAN yang dinilai punya kualitas mumpuni, seperti Thailand dan Vietnam, yang menjadi finalis Piala AFF 2022.

Selain itu, ada satu negara lagi dari regional Asia Barat yang juga bakal mendapat invitasi dari FAM untuk berpartisipasi pada Piala Merdeka 2023.

Namun, belakangan ini, salah satu media Malaysia, Makanbola, menyebut bahwa negara asal Asia Barat itu tampaknya merujuk pada India.

“Baru-baru ini, ada isu ketika Federasi Sepak Bola India (AIFF) menyatakan kekecewaannya setelah tidak diundang untuk mengikuti turnamen Piala Merdeka 2023,” tulis Makan Bola, Minggu (22/1/2023).

“Hal ini dikonfirmasi oleh sekretaris AIFF, Shaji Prabakaran, yang menginformasikan bahwa telah dilakukan diskusi dengan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM),” lanjut artikel tersebut.

Makanbola menyebut, partisipasi India pada turnamen Piala Merdeka 2023 juga telah dikonfirmasi oleh ASEAN Football. Artinya, hanya ada empat tim yang akan berpartisipasi.

“Informasi ini sudah diumumkan oleh ASEAN Football melalui transmisi tunggal yang melihat akan ada sekitar empat tim yang akan menjadi peserta,” lanjut Makanbola.

Jika India menjadi peserta, maka salah satu negara dari rencana FAM sebelumnya, yaitu Vietnam, Suriah, dan Palestina, ada yang menolak untuk ikut berpartisipasi.

Hal itu disebut-sebut menjadi karma untuk Malaysia yang sebelumnya tak mengundang Indonesia sebagai peserta Piala Merdeka 2023 karena belum mencapai level yang ideal.

Sebelumnya, kabar itu memang disampaikan oleh salah satu petinggi FAM, Mohd Firdaus Mohamed, yang menilai level skuad Garuda belum bisa bersaing di Asia.

“Saya pribadi melihat dua tim Asia Tenggara seperti Vietnam dan Thailand benar-benar punya kualitas dan standar permainan di level Asia,” kata Firdaus.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak