Rabu, 25 Januari 2023 | 10:26 WIB

Profil Jeonnam Dragons, Klub yang Dirumorkan Rekrut Asnawi Mangkualam: Pernah Dilatih Park Hang-seo

Galih Prasetyo
Asnawi Mangkualam saat berlaga dengan Ansan Greeners. (Facebook/Ansan Greeners)
Asnawi Mangkualam saat berlaga dengan Ansan Greeners. (Facebook/Ansan Greeners)

Gol.bolatimes.com - Klub yang berada di posisi buncit klasemen K-League 2, Jeonnam Dragons dilaporkan akan mendatangkan penggawa Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Salah seorang pejabat di K-League yang mengurus bursa transfer mengatakan bahwa Asnawi akan pindah ke klub Jeonnam Dragons.

"Asnawi telah mengkonfirmasi kepindahannya ke Jeonnam. Setelah tes medis, mereka akan bergabung dengan skuat Jeonnam di Changwon, tempat mereka berlatih," tulis media lokal Korsel, Chosun.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Dirumorkan Hengkang dari Ansan Greeners, Pindah ke Klub Mana?

Jika rumor ini dipastikan kebenarannya, Asnawi akan membela klub yang berusia 29 tahun. Jeonnam Dragons merupakan konstetan Liga Korsel yang dibentuk pada 16 Desember 1994.

Sejak awal berdiri, perjalanan Jeonnam Dragons di kompetisi sepak bola Korsel berlangung cukup mulus. Pada 1997, Jeonnam Dragons mampu menjadi runner up K-League.

Hebatnya, di tahun yang sama, Jeonnam Dragons mampu meraih trofi pertama mereka yakni gelar Piala Liga Korsel. Di partai final, Jeonnam mengalahkan Chunan Ilhwa Chunma dengan skor 1-0.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Terbang Ke Korea Selatan usai Bela Timnas Indonesia, Tetap Bela Ansan Greeners?

Selang dua tahun, klub ini mampu menjadi runner up Piala Winners Asia. Di ajang ini, Jeonnam Dragons sempat mengalahkan raksasa Liga Jepang Kashima Antlers dengan skor 4-1 pada babak semifinal.

Sayangnya saat bermain di partai final, Jeonnam Dragons dikalahkan raksasa Arab Saudi, Al Ittihad dengan skor tipis 3-2.

Menariknya, klub ini pada 27 Desember 2007 sempat dilatih oleh eks pelatih Vietnam, Park Hang-seo. Park ditunjuk jadi pelatih setelah manajer sebelumnya, Huh Jung-mo diangkat jadi pelatih Timnas Korsel.

Baca Juga: Pemain Timnas Malaysia Ungkap Alasannya Susul Asnawi Mangkualam Berkarier di Korea Selatan

Musim ini, Jeonnam Dragons dilatih oleh Jang-kwan Lee. Sayangnya pelatih berusia 48 tahun ini catat rekor buruk.

Dari 26 pertandingan yang dilakoni sejak melatih dari Juni 2022, Jang-kwan Lee hanya mampu meraih 2 kemenangan dan 12 hasil imbang, sisanya berakhir dengan kekalahan.

Tak kalah menariknya, klub ini pada 2022 lalu sempat meraih kemenangan telak 7-1 atas klub Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners pada 14 September 2022.

Baca Juga: Ansan Greeners Beri Kode usai Muncul Rumor Asnawi Mangkualam Diincar Jeju United, Jadi Pindah?

Namun, pada pertemuan pertama tanggal 31 Juli 2022, Ansan Greeners menang 3-0, di mana Asnawi saat itu mencetak satu gol. Ini menjadi gol kedua yang ditorehkan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners.

Berita Terkait

Tag

Terpopuler

indonesia

Terkini

Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda