Profil Jeonnam Dragons, Calon Klub Baru Asnawi Mangkualam yang Pernah Dilatih Park Hang-seo

Asnawi Mangkualam dilaporkan sudah menjalani tes medis bersama Jeonnam Dragons

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 25 Januari 2023 | 14:00 WIB
Kolase Asnawi Mangkualam dan Jeonnam Dragons. (Instagram/@asnawi_bhr)

Kolase Asnawi Mangkualam dan Jeonnam Dragons. (Instagram/@asnawi_bhr)

Gol.bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, kini sudah mulai dirumorkan mendapatkan klub barunya, yakni Jeonnam Dragons. Klub kasta kedua ini disebut-sebut berminat untuk merekrut pemain Ansan Greeners tersebut.

Yang terbaru, Asnawi Mangkualam juga dikabarkan tinggal menjalani tes medis saja untuk bergabung dengan Jeonnam Dragons.

"Asnawi telah mengkonfirmasi kepindahannya ke Jeonnam. Setelah tes medis, mereka akan bergabung dengan skuat Jeonnam di Changwon, tempat mereka berlatih," tulis media lokal Korea Selatan, Chosun dikutip Selasa (25/1/2023).

Menurut media tersebut, kehadiran Asnawi Mangkualam untuk memperkuat sisi sayap kanan Jeonnam Dragons. Kecepatan dan skill yang dimiliki pemain berusia 23 tahun tersebut akan menambah kekuatan Jeonnam Dragons.

Hari ini, Rabu 25 Januari 2023 waktu setempat, Asnawi Mangkualam menjalani tes medis di salah satu rumah sakit yang berlokasi di Gwangyang, Jeollanam-do.

Melansir dari laporan media Korsel, sports-g.com, Asnawi Mangkualam yang tiba di Bandara Internasional Incheon pada Selasa 24 Januari 2023 langsung menuju ke Ansan dan melakukan perpisahan dengan rekan satu timnya.

Profil Jeonnam Dragons

Sebagai informasi, Jeonnam Dragons merupakan klub profesional asal Korea Selatan yang berbasis di Kota Gwangyang, Provinsi Jeolla Selatan.

Mereka berkompetisi di K League 2 alias kompetisi kasta kedua di Negeri Ginseng. Stadion yang mereka gunakan sebagai homebase-nya ialah Gwangyang Football Stadium.

Sebetulnya, klub ini masih terhitung baru. Sebab, jika merujuk pada sejarah kemunculannya, mereka baru terbentuk pada 16 Desember 1994 dengan nama Chunnam Dragons.

Ketika itu, mereka menunjuk mantan pemain Timnas Korea Selatan, Jung Byung-tak, untuk menjadi pelatih pertamanya.

Chunnam memang mengawali perjalanannya dengan lambat. Pencapaian terbaiknya terjadi pada 1997 ketika mereka mengakhiri persaingan sebagai runner-up K-League.

Pada tahun yang sama, mereka juga sukses memenangkan trofi pertamanya setelah berhasil meraih gelar juara Korean FA Cup 1997.

Gelar ini diraih setelah menumbangkan Chunan Ilhwa Chunma dengan skor 1-0 di partai final. Dua tahun berselang, mereka sukses menjadi runner-up di ajang Asian Cup Winners Cup.

Pencapaian itu diraih seusai menumbangkan wakil Jepang, Kashima Antlers dengan skor 4-1 di semifinal, tetapi takluk dari wakil Arab Saudi, Al Ittihad, pada partai final.

Catatan menarik dari tim ini ialah meraih dua gelar Korean FA Cup secara berturut-turut, yakni pada edisi 2006 dan 2007.

Selain itu, catatan unik yang barangkali perlu diketahui pecinta sepak bola Indonesia ialah Jeonnam Dragons pernah diasuh oleh pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, pada akhir 2007.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak