Rabu, 25 Januari 2023 | 15:45 WIB

Profil Liam Oetoehganal, Pemain Keturunan Calon Rekan Setim Marselino Ferdinan di Belgia

Irwan Febri Rialdi
Pemain keturunan, Liam Oetoehganal yang bermain di klub Beerschot VA. (Instagram/@l.oetoehganal)
Pemain keturunan, Liam Oetoehganal yang bermain di klub Beerschot VA. (Instagram/@l.oetoehganal)

Gol.bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, berpeluang besar untuk bermain bersama pemain keturunan Indonesia lainnya yang kini berkarier di Belgia, yakni Liam Oetoehganal.

Sebagai informasi, Marselino Ferdinan dan Liam Oetoehganal berpotensi untuk bermain bersama di satu klub jika gelandang asal Persebaya Surabaya itu resmi bergabung dengan Beerschot VA.

Belakangan ini, Marselino Ferdinan memang tengah dikait-kaitkan dengan sejumlah klub asal Belgia setelah dirumorkan akan meninggalkan Persebaya Surabaya untuk berkarier di Eropa.

Salah satu klub yang disebut-sebut bakal menjadi pelabuhan terbaru Marselino Ferdinan ialah Beerschot VA. Sebagai informasi, Liam Oetoehganal juga berstatus sebagai pemain di klub tersebut.

Artinya, kedua pemain muda ini berpeluang besar untuk bermain bersama jika nantinya keduanya bisa sama-sama mendapat tempat di tim utama Beerschot VA.

Profil Liam Oetoehganal

Sebagai informasi, Liam Oetoehganal merupakan pesepak bola yang disebut-sebut memiliki garis keturunan Indonesia dari ayahnya.

Menurut kabar, ayah kandung Liam Oetoehganal memiliki nenek yang berasal dari daerah Sungkai, Kalimantan Selatan. Sementara itu, ibunya justru memiliki darah campuran Jawa dan Suriname.

Namun, Liam Oetoehganal justru tercatat lahir di Nijmegen, Belanda, pada 4 Mei 2004. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu masih berusia 18 tahun.

Sebagai pemuda yang lahir di Negeri Kincir Angin, Liam Oetoehganal memang sudah dibesarkan dengan sistem pembinaan pemain usia dini yang melekat di Belanda.

Bahkan, rekam jejaknya di dunia akademi cukup impresif. Sebab, Liam Oetoehganal mendapat kesempatan besar untuk menimba ilmu bersama akademi Feyenoord Rotterdam.

Bersama klub raksasa Liga Belanda ini, Liam menapaki jenjang usia yang cukup apik, mulai dari U-17, U-18, hingga terakhir kali memutuskan untuk berkarier di Belgia.

Kariernya di Belgia bermula ketika ia direkrut oleh Beerschot U-23 pada pertengahan Juli 2022. Sejauh ini, ia sudah memainkan sembilan laga di ajang 2de Nationale VFV B.

Untuk posisi bermain, laman Transfermarkt menggambarkan Liam Oetoehganal sebagai pemain serbaguna dan multi-posisi. Sebab, ia bisa menempati beragam posisi sesuai arahan tim pelatih.

Liam Oetoehganal sendiri sejatinya menempati posisi gelandang bertahan. Namun ia juga bisa dipasang sebagai bek sayap.

Dengan usianya yang masih menginjak 18 tahun, tentu Liam Oetoehganal memiliki peluang besar untuk semakin berkembang.

Bahkan, bukan tidak mungkin ia bisa mendapatkan kesempatan bermain bersama Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 apabila Shin Tae-yong menghendaki.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Tag

Terpopuler

indonesia

Terkini

Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda