Rabu, 25 Januari 2023 | 16:21 WIB

3 Fakta Menarik Liam Oetoehganal, Pemain Keturunan Indonesia Calon Rekan Setim Marselino Ferdinan di Belgia

Irwan Febri Rialdi
Pemain keturunan Indonesia, Liam Oetoehganal. (Instagram/l.oetoehganal)
Pemain keturunan Indonesia, Liam Oetoehganal. (Instagram/l.oetoehganal)

Gol.bolatimes.com - Pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, bakal menjadi rekan setim pemain keturunan Indonesia-Belanda, Liam Oetoehganal, jika nantinya benar-benar bergabung dengan klub Liga Belgia, Beerschot VA.

Kolaborasi antara Marselino Ferdinan dengan Liam Oetoehganal ini tentunya bakal sangat menarik dan menjadi salah satu hal yang dinantikan dari kiprah pemain asal Indonesia ini di Belgia.

Apalagi, jika mempertimbangkan posisi bermain kedua pemain tersebut, Marselino dan Liam bisa juga berkolaborasi untuk mengisi sektor tengah Beerschot VA.

Liam memang menjadi salah satu pemain keturunan yang sempat mencuri perhatian karena memiliki garis keturunan Indonesia. Dia juga sempat digadang-gadang bakal dinaturalisasi Timnas Indonesia U-20.

Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik Liam Oetoehganal, gelandang asal Belanda keturunan Indonesia yang bakal jadi calon rekam setim Marselino Ferdinan di klub Belgia.

1. Darah Keturunan Kalimantan

Sebagai informasi, garis keturunan Indonesia yang dimiliki oleh Liam Oetoehganal berasal dari ayah dan ibunya. Sebab, nenek dari ayahnya berasal dari daerah Sungkal, Kalimantan Selatan.

Sementara itu, ibunya memiliki garis keturunan campuran berdarah Jawa dan Suriname. Artinya, ada dua garis keturunan yang berbeda yang mengalir dalam diri Liam Oetoehganal.

Meskipun memiliki darah Indonesia, tetapi Liam Oetoehganal belum pernah sekalipun menginjakkan kakinya di Indonesia. Sebetulnya ia sempat punya rencana itu, tetapi masih terbentur jadwal pertandingan.

2. Binaan Klub Raksasa Belanda

Sejak usia muda, Liam Oetoehganal memang sudah merasakan tempaan sistem pembinaan usia dini di Belanda yang cukup berkualitas.

Dia tercatat sebagai pemain binaan SC Feyenoord sejak usia muda. Dia sudah menimba ilmu bersama klub yang berbasis di Rotterdam, Belanda, itu ketika masih kanak-kanak.

Bersama Feyenoord, Liam Oetoehganal mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk menjejaki level pembinaan yang bertahap.

Dia tercatat pernah bermain di level U-17 hingga U-18, sebelum akhirnya memilih untuk meninggalkan Belanda dan meniti karier di Belgia.

3. Punya Kemampuan Multi-posisi

Lima Oetoehganal juga dikenal sebagai pemain muda yang punya potensi besar. Apalagi, dia bisa dimainkan untuk mengisi sejumlah posisi.

Sebetulnya, posisi bermain utama lelaki kelahiran Nijmegen, Belanda, ini adalah di sektor gelandang tengah. Namun ada beberapa posisi lainnya yang biasa ditempati Liam.

Posisi yang dimaksud ialah di sektor gelandang bertahan maupun bek kanan. Dengan kata lain, Liam Oetoehganal merupakan pemain serbabisa yang mampu ditempatkan di sejumlah posisi sesuai dengan kebutuhan tim pelatih.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Tag

Terpopuler

indonesia

Terkini

Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda