6 Pemain yang Sukses Berkarier setelah Tinggalkan Liga Indonesia, Ada yang Dua Kali Juara Liga Champions

Salah satunya adalah eks Persebaya Surabaya. Dia sampai dua kali menjuarai Liga Champions Asia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 25 Januari 2023 | 17:30 WIB
Neymar (kanan) membawa bola di depan kiper China, Cheng Zeng, (kiri) saat pertandingan persahabatan di Stadion Arruda, Recife, pada 10 September 2012. (Antonio Scorza/AFP)

Neymar (kanan) membawa bola di depan kiper China, Cheng Zeng, (kiri) saat pertandingan persahabatan di Stadion Arruda, Recife, pada 10 September 2012. (Antonio Scorza/AFP)

Gol.bolatimes.com - Sejumlah nama pesepak bola asing ternyata justru bisa mendapatkan kesuksesan saat berkarier di luar negeri setelah meninggalkan Liga Indonesia.

Sebab, tercatat ada beberapa nama pemain yang berhasil meraih kesuksesan setelah mereka memutuskan angkat kaki dari Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan sukses meraih gelar juara bersama klub barunya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama pemain yang justru meraih kesuksesan di luar negeri setelah meninggalkan Liga Indonesia.

1. Manuchekhr Dzhalilov

Mantan pemain Persebaya Surabaya, Manuchekhr Dzhalilov, menjadi salah satu pesepak bola yang sukses mencatatkan karier cemerlang seusai meninggalkan Indonesia.

Saat bermain di Indonesia, Manu Dzhalilov sebetulnya juga sempat bermain bersama Sriwijaya FC. Namun, tidak ada prestasi berarti yang diraih bersama dua klub tersebut.

Ketika memutuskan pulang ke Tajikistan untuk memperkuat Istiqlol, ia justru bisa meraih tiga gelar Liga Tajikistan dan tiga gelar juara Piala Super Tajikistan.

2. Fernando Rodriguez

Mantan penyerang Mitra Kukar, Fernando Rodriguez, juga berhasil meraih kejayaan seusai meninggalkan Indonesia untuk bermain ke Kedah FA.

Sebab, bersama klub asal Malaysia itu, Fernando sukses mempersembahkan gelar Piala FA Malaysia musim 2019/2020. Kini, Nando kembali ke Persis dan belum bisa menemukan ketajamannya.

3. Douglas Packer

Mantan pemain Barito Putera pada medio 2017-2018, Douglas Packer, juga terhitung biasa-biasa saja ketika berkarier di Indonesia.

Namun, ketika memutuskan pulang ke Brasil, dia justru sukses meraih gelar Campeonato Paraense bersama Remo. Setelahnya, ia juga bisa bermain di kualifikasi Liga Champions ketika berkarier di Malta bersama Valletta.

4. Suchao Nuchnum

Persib Bandung pernah menggunakan jasa pemain asal Thailand, Suchao Nuchnum, pada tahun 2009 hingga 2010. Namun, Suchao gagal meraih trofi bersama Maung Bandung.

Saat pulang ke Thailand, dia justru bisa mendapatkan kesuksesan bersama Buriram United. Sebba, ada gelar Liga Thailand, Piala FA Thailand, hingga Piala Raja yang sukses diraih Suchao Nuchnum di rumahnya.

5. Jonathan Bauman

Salah satu penyerang asing asal Argentina yang pernah singgah di kompetisi sepak bola Indonesia untuk memperkuat Persib Bandung ialah Jonathan Bauman.

Sayangnya, kiprah Jonathan bersama Persib Bandung tak terlalu memukau. Dia kemudian memilih untuk bergeser ke Malaysia ketika direkrut Kedah FA.

Hasilnya cukup membanggakan, sebab ia sukses meraih gelar Piala Malaysia musim 2019/2020 bersama Kedah FA di Negeri Jiran.

6. Zeng Cheng

Terakhir ada nama Zeng Cheng. Dia yang berposisi sebagai kiper bisa dibilang sebagai salah satu jebolan Liga Indonesia paling sukses.

Pernah memperkuat Persebaya Surabaya, Zeng Cheng berhasil bersinar kala pulang ke negaranya, China.

Zeng Cheng bahkan berhasil dua kali menjuarai Liga Champions Asia kala memperkuat Guangzhou  Evergrande, tepatnya pada musim 2012/2013 dan 2014/2015.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak