3 Pemain Keturunan yang Segera Susul Shayne Pattynama Jadi WNI, Ada Eks Timnas Belanda

Inilah tiga peman keturunan yang segera menyusul Shayne Pattynama menjadi WNI

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 25 Januari 2023 | 21:00 WIB
Shayne Pattynama (kiri) menjabat tangan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Shayne Pattynama (kiri) menjabat tangan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Gol.bolatimes.com - Shayne Pattynama kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ia telah menjalani sumpah dan janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Sebelum resmi menjadi WNI, Shayne telah menjalani serangkaian tahap panjang. Hal itu diawali wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN) hingga akhirnya menjalani sumpah sebagai WNI.

Shayne kini diprediksi jalani debut bersama Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Maret 2022. Ia juga diharapkan bisa membuat performa Garuda makin hebat ketika menghadapi Piala Asia 2023.

Selain Shayne Pattynama, ada beberapa pemain yang diprediksi segera menyusul menjadi WNI. Siapa saja mereka? 

1. Justin Hubner

Lahir di Den Bosch, Belanda, pada 14 September 2003, Hubner punya garis keturunan Indonesia. Sang ayah asli orang Indonesia atau lebih tepatnya Jakarta, sementara darah Belanda berasal dari sang ibunda.

Di mulai mencuri perhatian setelah bergabung dengan akademi FC Den Bosch pada 2017. Pada Juli 208, Hubner naik ke tim U-17 Den Bosch dan semakin menarik perhatian para pencari bakat.

Akhirnya pada Januari 2020, Hubner dipinang oleh klub asal Premier League, Wolverhampton Wanderers. Ia sempat memperkuat Belanda U-19, namun kini selangkah lagi menjadi WNI.

2. Ivar Jenner

Pemain berusia 19 tahun yang membela Jong Utrecht ini juga dikabarkan selangkah lagi menjadi WNI. Di level internasional, Ivar Jenner tercatat pernah tampil untuk timnas U-15 Belanda.

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Meski saat masih berusia 18 tahun, Ivar Jenner sudah menjalani debutnya bersama Jong Utrecht di kompetisi kasta kedua Liga Belanda.

Pemain yang biasa bermain di posisi gelandang serang tersebut sudah masuk ke akademi sepak bola sejak usia enam tahun. Akademi pertama tempat berlatih Ivar Jenner yakni IJFC. Ia mengasah kemampuan dasar bermain sepak bola di IJFC hingga usia 10 tahun.

3. Rafael Struick

Kabar Rafael Struick bakal menjadi WNI semakin menyebar setelah ia bertemu dengan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, pada Desember 2022.

Struick sebelumnya sudah ikut menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia yang dihelat di Spanyol dan Turki. Di pemusatan latihan itu, Struick sendiri mampu mencetak gol buat Timnas Indonesia U-20.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong pun kepincut ingin menyertakan Struick ke dalam skuad Garuda Nusantara untuk menghadapi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak