Profil Lee Jang-kwan, Pelatih Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons

Mengenal sosok Lee Jang-kwan, pelatih Jeonnam Dragons.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 26 Januari 2023 | 08:30 WIB
Pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang-kwan. (Twitter/@KORFootballNews)

Pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang-kwan. (Twitter/@KORFootballNews)

Gol.bolatimes.com - Lee Jang-kwan bakal menjadi pelatih anyar Asnawi Mangkualam Bahar, andai sang pemain resmi bergabung dengan Jeonnam Dragons.

Seperti yang diketahui, Asnawi Mangkualam bakal dikabarkan akan meninggalkan Ansan Greeners dan pindah ke Jeonnam Dragons, yang merupakan sesama klub divisi kedua Korea Selatan.

Kabar terbaru bahkan menyebutkan bahwa Asanwi sudah melakoni tes medis dengan Jeonnam Dragons. Menurut media Korea Selatan, kehadiran Asnawi Mangkualam untuk memperkuat sisi sayap kanan Jeonnam Dragons.

Baca Juga: Segera Bela Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner Semakin Matang Bersama Klubnya

Kecepatan dan skill yang dimiliki pemain berusia 23 tahun tersebut akan menambah kekuatan Jeonnam Dragons. Di lain sisi, Jeonnam juga dinilai bisa menjadi tim yang cocok buat Asnawi.

Jeonnam Dragons sendiri terbilang menjalani musim yang buruk di tahun 2022 karena finis sebagai juru kunci K2 League. Lee Jang-kwan dinilai bertanggung jawab atas performa merosot Jeonnam Dragons musim lalu.

Namun demikian, hingga saat ini ia masih dipercaya untuk memimpin pasukan Jeonnam Dragons. Lantas, siapa sebetulnya Lee Jang-kwan ini?

Baca Juga: 3 Pemain Asing selain Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons

Profil Lee Jang-kwan

Lee Jang-Kwan adalah pelatih kelahiran Seoul, Korea Selatan, pada 4 Juli 1974. Sebelum menjadi pelatih, ia adalah seorang mantan pesepakbola.

Ia sudah melakoni olahraga sepak bola dengan serius sejak duduk di bangku SMP hingga akhirnya bermain sepak bola di Ajou University.

Baca Juga: Update Ranking BWF: Anthony Ginting dan Jonatan Christie Tembus Tiga Besar Dunia

Setelah lulus dari sana, Lee Jang-Kwan memulai karier profesionalnya bersama Busan I’Park pada 1997. Bisa dibilang, ia begitu setia dengan klub tersebut.

Lee Jang-Kwan membela klub yang berbasis di kota Busan tersebut selama 10 tahun atau hingga 2007. Bahkan, ia mengalami beberapa kali fase pergantian nama tim.

Mulai dari Pusan Daewoo Royals, Pusan I’cons, Busan I’cons, hingga akhirnya menjadi Busan I’Park hingga sekarang. Setelah dari sana, ia pindah ke Incheon United pada 2008 dan memutuskan pensiun di akhir musim.

Baca Juga: 3 Kelebihan Jeonnam Dragons Dibanding Ansan Greeners, Salah Satunya Bikin Asnawi Tampil Reguler

Setelah gantung sepatu, ia langsung terjun ke dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di Yong-In University. Setelah hampir dua tahun, ia ditunjuk menjadi pelatih kepala.

Total selama 10 tahun lebih ia menjabat sebagai pelatih di tingkat kuliah hingga akhirnya menerima tawaran Jeonnam Dragons sebagai pelatih.

Namun sayang, pada musim perdananya sebagai pelatih tim profesional, Lee Jang-kwan gagal memberi kesan manis. Jeonnam Dragons finis sebagai juru kunci K League 2 2022, terhenti di babak 16 besar Piala FA Korea dan gugur di fase grup Liga Champions Asia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak