Termasuk Indonesia, Berikut Negara di Asia yang Kerap Pakai Jasa Pemain Naturalisasi

Berikut ulasan deretan negara yang gemar pakai jasa naturalisasi mirip Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 26 Januari 2023 | 12:00 WIB
Skuad timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Instagram/richardo_r17)

Skuad timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Instagram/richardo_r17)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan negara di benua Asia yang kerap menggunakan jasa pemain naturalisasi, di mana Indonesia menjadi salah satu negara tersebut.

Program naturalisasi bukanlah program yang dilarang oleh FIFA selaku organisasi induk sepak bola dunia. Bahkan, program ini dianjurkan agar setiap negara bisa bersaing di pentas dunia.

Kehadiran para pemain naturalisasi di setiap tim nasional pun bukanlah hal mengejutkan. Program ini bahkan berlaku bagi negara yang punya tradisi kuat di sepak bola.

Baca Juga: Dirumorkan Gabung Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam Dipuji Selangit

Sebagai contoh adalah Portugal yang menaturalisasi Otavio dan menjadi andalan di kubu Selecao das Quinas di Piala Dunia 2022 lalu.

Padahal, Otavio tak punya darah Portuga dan berasal dari Brasill. Ia dinaturalisasi karena telah menetap lama di negara tersebut.

Program naturalisasi dilakukan tak hanya karena pemain tersebut memiliki darah keturunan dari suatu negara. Program ini juga berlaku bagi pemain yang menetap di negara tertentu.

Baca Juga: Ditanya Soal Tekanan Tinggi Suporter Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Beri Jawaban Mengesankan

Di Asia, program naturalisasi ini pun banyak dilakukan oleh berbagai negara. Program ini pun menyasar kepada pemain keturunan atau pemain yang lama menetap di negara tersebut.

Dengan maraknya program naturalisasi, kira-kira negara Asia mana yang kerap memakai jasa para pemain naturalisasi untuk tim nasionalnya? Berikut daftarnya.

1. Indonesia

Baca Juga: Dampak Positif Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Indonesia bisa dikatakan rajin menggunakan jasa pemain naturalisasi baik itu pemain keturunan atau pemain yang lama menetap di negaranya, setidaknya sejak 2010.

Sejak 2010 tersebut, PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia melancarkan program naturalisasi dengan menyasar para pemain keturunan di luar negeri maupun merestui naturalisasi pemain asing yang lama bermain di Tanah Air.

Terbaru, Indonesia baru saja tuntas menaturalisasi pemain keturunan asal Belanda, Shayne Pattynama, yang kini bermain di Norwegia.

Baca Juga: Shayne Pattynama Ternyata Digoda Gabung Klub BRI Liga 1, Ini Respons Tegasnya

2. Malaysia

Tak mau kalah dengan Indonesia, Malaysia juga menjadi negara yang kerap menggunakan jasa pemain naturalisasi di pentas internasional.

Para pemain naturalisasi yang digunakan pun utamanya para pemain keturunan dan ditambah dengan para pemain asing yang lama menetap di negeri Jiran.

Terakhir Malaysia menaturalisasi pemain asing di liganya, yakni Sergio Fabian Ezequiel Aguero guna bertarung di Piala AFF 2022.

3. Filipina

Sebagai negara yang menganut dwi kewarganegaraan, Filipina menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang rajin dibela pemain naturalisasi.

Utamanya, Filipina melakukan naturalisasi terhadap para pemain keturunannya yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Karena menganut dwi kewarganegaraan, banyak pemain keturunan yang di luar negeri lebih mudah dinaturalisasi, karena para pemain keturunan ini masih bisa memegang paspor negara asalnya.

4. Hong Kong

Hong Kong merupakan negara kecil yang tak memiliki banyak pesepak bola mumpuni. Alhasil, program naturalisasi pun dijalankan oleh negara ini.

Sejauh ini, program naturalisasi Hong Kong menyasar ke pemain asing yang menetap lama di negaranya, seperti Paulo Cesar dari Brasil dan Sohgo Ichikawa asal Jepang.

Karena program naturalisasi ini, Hong Kong pun bisa mencatatkan prestasi, yakni lolos ke Piala Asia untuk pertama kalinya pada 2023 ini sejak tahun 1996 silam.

5. Qatar

Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022, juga terbilang kerap menggunakan jasa pemain naturalisasi untuk tim nasionalnya.

Para pemain naturalisasi yang digunakan adalah pemain yang lama menetap di negara tersebut atau pemain yang berlaga di Qatar Stars League.

Di Piala Dunia 2022 lalu, Qatar banyak dihuni pemain naturalisasi. Bahkan, di kelompok umur saja Qatar memiliki pemain keturunan Indonesia, Andri Syahputra yang telah lama menetap di tanah Arab tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak