Punya Darah Indonesia, Apakah Bek Tottenham Matt Doherty Bisa Dinaturalisasi dan Bela Timnas Indonesia?

Bintang Tottenham Hotspur, Matt Doherty, memiliki garis keturunan Indonesia.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 26 Januari 2023 | 16:00 WIB
Pemain Tottenham Hotspur, Matt Doherty ternyata punya darah Indonesia. (AFP)

Pemain Tottenham Hotspur, Matt Doherty ternyata punya darah Indonesia. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Akhir-akhir ini, publik tengah diramaikan dengan kabar yang menyebut bahwa pemain Tottenham Hotspur, Matt Doherty, memiliki garis keturunan Indonesia

Bahkan, tak sedikit yang mempertanyakan peluang soal bisakah Matt Doherty dinaturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Awalnya, kabar yang menyebut bahwa Matt Doherty memiliki garis keturunan Indonesia ini disebarkan oleh akun Instagram @footballtalentnesia.

Dalam unggahan itu, bek sayap berusia 31 tahun ini diketahui memiliki ikatan dengan Indonesia dari sang ibunda, Joni Doherty, yang merupakan orang Belanda dengan darah Tanah Air.

Dilaporkan bahwa sang ayah adalah pasukan Belanda yang dikirim ke Indonesia dan bertemu Joni Doherty, sehingga keduanya menikah dan melahirkan Matt Doherty.

Meski punya darah Indonesia dan darah Belanda, Matt Doherty justru memilih membela Irlandia di pentas internasional, yang tak lain adalah tanah kelahirannya.

Sejauh ini, pemain yang lahir di Dublin itu sudah membukukan total 29 penampilan bersama Timnas Irlandia di semua ajang internasional.

Dia tercatat telah bermain, baik di ajang laga internasional FIFA Matchday, UEFA Nations League B, Kualifikasi Euro 2020, hingga Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa 2022.

Dengan kata lain, Matt Doherty sudah tidak bisa memperkuat tim nasional negara lainnya andaikan suatu saat dinaturalisasi.

Apabila misalnya Matt Doherty dinaturalisasi PSSI untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia, maka ia hanya bisa bermain di ajang-ajang yang tidak resmi.

Sebab, ia sudah tak bisa memperkuat tim nasional negara lain karena sudah pernah mencatatkan caps bersama Timnas Irlandia di ajang resmi.

Sebetulnya, Indonesia memiliki banyak pemain keturunan yang berkiprah di kancah sepak bola. Para pemain keturunan ini pun notabene punya nama besar dan pernah menjadi perhatian besar dunia.

Beberapa di antaranya yakni Giovanni van Bronckhorst dan Robin van Persie yang dikenal sebagai legenda tim nasional Belanda. Keduanya punya darah keturunan Indonesia karena sejarah kedua negara di masa lampau.

Sayangnya, dua pemain yang pernah bermain di level teratas bersama klub-klub besar pun kini telah pensiun, sehingga jarang ada pemain keturunan Indonesia yang kini bermain di level teratas bersama tim termasyhur.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak