5 Pemain Indonesia yang Pernah Berkarier di Belgia, Marselino Ferdinan Segera Menyusul?

Berikut 5 pemain Indonesia yang pernah merumput di Liga Belgia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 27 Januari 2023 | 15:03 WIB
Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol saat Persebaya vs Persita di lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Rabu (18/1/2023). (Instagram/@officialpersebaya)

Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol saat Persebaya vs Persita di lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Rabu (18/1/2023). (Instagram/@officialpersebaya)

Gol.bolatimes.com - Marselino Ferdinan selangkah lagi bakal berkarier di Belgia. Wonderkid Indonesia berusia 18 tahun itu bahkan sudah berpamitan dengan skuad Persebaya Surabaya.

Momen perpisahan Marselino Ferdinan dilakukan di ruang ganti setelah Bajul Ijo membungkam Bhayangkara FC 2-1 dalam laga di Gelora Joko Samudro,

Sebelumnya, Marselino dikaitkan dengan kepindahan menuju klub Belgia, Beerschot. Kini, pemain berusia 18 tahun tersebut dilaporkan menjalani tes (trial) di klub Belgia lainnya, yakni KAA Gent.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Dikaitkan ke Maung Bandung?, Direktur Persib Bandung Bilang Begini

Kepastian Marselino yang bakal berkarier di Belgia semakin menambah daftar pemain Indonesia yang pernah dan sedang bermain di sana.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Syamsir Alam

Baca Juga: Satu Pemain Timnas Indonesia Masuk All Star XI Piala AFF 2022 di Tengah Dominasi Thailand dan Vietnam

Syamsir Alam yang pernah digadang-gadang sebagai penyerang muda terbaik Indonesia, pernah mengenyam pengalaman bermain di Liga Belgia bersama CS Vise pada 2011.

Syamsir mencatatkan 10 penampilan di CS Vise sebelum dipinjamkan ke DC United pada 2013. Kariernya sempat redup dan hilang dari peredaran hingga kini bermain di RANS Nusantara FC.

2. Yandi Sofyan

Baca Juga: Profil Jong KAA Gent, Klub Legendaris Belgia yang jadi Tempat Marselino Ferdinan Jalani Tes Kesehatan

Syamsir Alam bukan satu-satunya penyerang Indonesia di CS Vise. Ada pula nama Yandi Sofyan yang bergabung klub Belgia itu pada 2011.

Yandi Sofyan yang dikenal sebagai penyerang berbakat saat muda, mampu mendapat menit bermain mumpuni di CS Vise dengan total 21 penampilan dari 2011 hingga 2013.

3. Alfin Tuasalamony

Baca Juga: Profil Alex Martins, Striker Liga China yang Digosipkan Bakal Gabung Bhayangkara FC

Pernah menjadi bek kanan terbaik yang dimiliki Indonesia, bakat Alfin sampai harum di Belgia. Ia bergabung dengan CS Vise pada 2011.

Di sana, Alfin sempat mendapat menit bermain reguler dengan catatan 49 penampilan. Namun sayang, ia memilih kembali ke Indonesia pada 2014.

4. Jordi Amat

Pemain keturunan Indonesia ini baru saja resmi menjadi WNI pada akhir tahun 2022. Jordi Amat punya banyak pengalaman bermain di Eropa, termasuk di Belgia bersama KAS Eupen.

Total bek berusia 30 tahun itu menghabiskan tiga musim di Eupen sebelum akhirnya memutuskan hijrah ke Johor Darul Takzim pada 2022 lalu.

5. Sandy Walsh

Sama seperti Amat, Sandy Walsh yang merupakan pemain keturunan Indonesia ini baru saja resmi menjadi WNI. Sandy Walsh bahkan lahir di Belgia sehingga karier sepak bolanya dihabiskan di sana.

Pemain berusia 27 tahun itu sempat membela Genk, Zulte Waregem, hingga kini sedang memperkuat KV Mechelen. Sandy Walsh terbilang merupakan pemain inti di KV Mechelen dan kini sudah mencatatkan 89 penampilan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak