3 Pemain Abroad yang Pulang ke Liga Indonesia, Terbaru Witan Sulaeman Gabung Persija Jakarta

Ada apa nih, tiba-tiba pemain yang punya mental kuat tiba-tiba memilih pulang ke Liga Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 31 Januari 2023 | 10:23 WIB
Winger Timnas Indonesia Witan Sulaeman usia jebol gawang Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/@pssi)

Winger Timnas Indonesia Witan Sulaeman usia jebol gawang Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Sebanyak tiga pemain abroad yang pulang ke Liga Indonesia, terbaru ada Witan Sulaeman yang resmi bergabung dengan Persija Jakarta

Para pemain abroad Indonesia yang mentas di luar negeri, pada akhirnya memutuskan untuk pulang dan berkarier di kompetisi Tanah Air.

Tercatat cukup banyak pemain abroad Indonesia yang memutuskan pulang di musim ini. Padahal, mereka disebut-sebut bisa punya karier mulus di negeri orang.

Namun apa daya? Harapan tak selalu berjalan beriringan dengan keadaan. Masalah kesempatan bermain dan adaptasi, bisa jadi salah dua hal yang “memaksa” para pemain ini untuk pulang.

Lantas, siapa saja pemain aboard Indonesia yang pulang ke Indonesia di sepanjang musim 2022/23? Berikut ulasannya!

1. Yanto Basna

Yanto Basna pernah disebut-sebut sebagai bek muda bertalenta milik Indonesia, terlebih dia banyak menghabiskan kariernya bermain di luar negeri.

Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia itu empat tahun berkarier di klub-klub Thai League, Thailand. Yanto Basna sempat membela Khon Kaen, Sukhotai, dan PT Prachuap.

Terakhir, Yanto Basna membela PT Prachuap hingga 2021. Sempat menganggur setahun karena tak diperpanjang kontraknya, ia memutuskan pulang ke Indonesia dan bergabung bersama Bhayangkara FC pada April 2022 dengan kontrak hingga 2024.

2. Egy Maulana Vikri

Pada Senin (30/1), Dewa United mengumumkan bahwa Egy Maulana Vikri resmi bergabung dengan tim mereka. Egy berstatus tanpa klub setelah kontraknya habis dengan klub Slovakia, Zlate Moravce.

Pemain berusia 22 tahun itu sempat jadi buah bibir karena bergabung dengan klub Polandia, Lechia Gdansk pada 2018 silam.

Tak banyak mendapat kesempatan, Egy pindah ke Slovakia dengan bergabung bersama FK Senica pada 2021. Lalu di musim panas 2022, Egy berlabuh ke Zlate Moravce.

Egy Maulana Vikri paling banyak catatkan penampilan bersama FK Senica dengan 26 kali main di seluruh kompetisi dan sumbangan dua gol empat assist. Selain itu, Egy mengemas 11 caps di Lechia Gdansk dan sembilan laga di Zlate Moravce. 

3. Witan Sulaeman

Sehari setelah Egy diumumkan sebagai pemain baru Dewa United, Witan Sulaeman menyusul pulang ke Indonesia dengan bergabung bersama Persija Jakarta.

Pemain berusia 21 tahun itu dikontrak selama 3,5 oleh Persija. Dengan begini, perjalanan kariernya di Eropa resmi berakhir untuk sementara.

Mengawali karier di PSIM Yogyakarta, Witan sempat membela klub Serbia, Radnik Surdulica, lalu pindah ke Polandia untuk membela Lechia Gdansk.

Witan Sulaeman lantas merantau lagi ke Slovakia untuk membela FK Senica dan terakhir bermain bersama AS Trencin. Di tim terakhir, Witan sebetulnya tampil cukup impresif dengan torehan 4 gol dari 14 pertandingan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak