Jangan Dikritik Dulu, Ini 3 Efek Positif Witan Sulaeman Gabung Persija Jakarta

Witan Sulaeman bikin kejutan karena tinggalkan Eropa untuk resmi gabung Persija Jakarta.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 31 Januari 2023 | 11:14 WIB
Witan Sulaeman resmi bergabung dengan Persija Jakarta (Instagram/persija)

Witan Sulaeman resmi bergabung dengan Persija Jakarta (Instagram/persija)

Gol.bolatimes.com - Melihat efek positif yang akan didapat seiring bergabungnya bakat muda Indonesia, Witan Sulaeman, ke Persija Jakarta di bursa transfer paruh kedua Liga 1 2022/2023.

Kabar mengejutkan datang dari kancah Liga 1 seiring kembalinya bakat Indonesia yang berkiprah di Eropa, Witan Sulaeman, ke Tanah Air.

Pemain berusia 21 tahun itu memutuskan kembali ke Tanah Air setelah kontraknya bersama klub Slovakia, AS Trencin, ditebus oleh Persija Jakarta.

Baca Juga: Witan Sulaeman Gabung Persija Jakarta, Marc Klok Bereaksi

Kabar ini diketahui laman resmi Persija, di mana pemain yang juga pernah berseragam Lechia Gdansk dan FK Senica ini dikontrak jangka panjang, yakni 3,5 tahun.

Witan pun otomatis menjadi pemain keempat yang didatangkan tim berjuluk Macan Kemayoran ini di bursa transfer paruh kedua Liga 1.

Sebelumnya, Persija terlebih dulu telah mendatangkan tiga pemain lokal, yakni Aji Kusuma, Birrul Walidain, dan Rachmat Niko.

Baca Juga: Dari Balik Jeruji Besi, Dani Alves Berharap Dibebaskan: Saya Tidak Memperkosa!

Kepindahan Witan ini otomatis menambah panjang daftar pemain lokal Abroad atau yang berkarier di luar negeri dan kembali ke Tanah Air.

Sebelum Witan, ada Egy Maulana Vikri yang terlebih dahulu pulang ke Tanah Air setelah bergabung Dewa United dengan status bebas transfer.

Kepindahan dua bakat Indonesia ini pun banyak disayangkan oleh berbagai pihak. Apalagi, dengan carut marutnya kompetisi Liga 1.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022 Hari Ini: Ada Barito Putera vs PSS Sleman dan PSIS Semarang vs Persib Bandung

Meski demikian, ada sisi positif yang bisa dipetik dari kepindahan keduanya, terutama Witan ke Persija. Apa saja efek positif yang bisa diambil?

1. Mendapat Menit Bermain Mumpuni

Kepindahan Witan Sulaeman ke Persija otomatis akan membuat menit bermain yang ia dapatkan menjadi lebih mumpuni ketimbang di AS Trencin.

Baca Juga: Piala Asia U-20 2023: Calon Lawan Timnas Indonesia U-20 Unjuk Gigi, Hajar Arab Saudi di Laga Uji Coba

Sebagai informasi, Witan bisa dikatakan jarang bermain dan banyak menjadi pemain pengganti sejak bergabung AS Trencin pada pertengahan tahun 2022 lalu.

Selama enam bulan di AS Trencin, Witan hanya mencatatkan total 458 menit bermain di segala ajang, meski dirinya mencatatkan 14 penampilan.

2. Kualitas Tetap Terjaga

Meski kembali ke Indonesia dan akan bermain di kancah Liga 1, kualitas Witan Sulaeman diyakini akan tetap terjaga atau bahkan meningkat.

Pasalnya, Witan sendiri akan dilatih oleh pelatih top sekelas Thomas Doll dan dikelilingi oleh pemain-pemain yang punya kapasitas mumpuni, terutama oleh para pemain asing Persija yang punya pengalaman mumpuni.

Karenanya, kualitas Witan yang tercatat masih muda akan lebih terasah. Ditambah lagi, menit bertanding mumpuni yang akan ia dapatkan sehingga membuat kualitasnya tetap terjaga atau bahkan meningkat.

3. Menambah Persaingan di Liga 1

Boleh saja kancah Liga 1 tak memiliki degradasi. Tapi bukan berarti kompetisi ini tak kehilangan persaingannya sama sekali, terutama di papan atas.

Hadirnya Witan akan menambah persaingan ketat di papan atas. Apalagi saat ini Persija tengah berada dalam perebutan gelar juara.

Dengan banyaknya pemain berkualitas di setiap tim-tim papan atas, maka persaingan di Liga 1 pun akan lebih menarik dan juga akan menambah kualitas Liga 1.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak