Sederet Sanksi Berat yang akan Didapat Arema FC jika Memutuskan Bubar

Arema FC akan mendapat sejumlah sanksi berat jika memutuskan bubar.

Rauhanda Riyantama
Selasa, 31 Januari 2023 | 14:37 WIB
Arema FC di BRI Liga 1 2022/2023. (Dok. LIB)

Arema FC di BRI Liga 1 2022/2023. (Dok. LIB)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan sanksi yang akan didapat Arema FC jika memutuskan untuk bubar di tengah perhelatan Liga 1 musim 2022/2023.

Kabar mengejutkan datang dari kubu Arema FC, setelah adanya wacana untuk membubarkan diri seiring adanya situasi yang tak kondusif belakangan ini.

Sebagai informasi, klub berjuluk Singo Edan itu tengah dalam sorotan karena tak memiliki Homebase atau kandang usai terusir dari Stadion Kanjuruhan, sehingga membuat laga-laga Liga 1 yang melibatkan Arema FC ditunda.

Baca Juga: Sesumbar Pelatih Irak U-20 usai Imbangi Yordania, Timnas Indonesia U-20 Perlu Waspada

Di sisi lain, belum tuntasnya kasus Tragedi Kanjuruhan, Arema FC masih tetap berkompetisi dan dianggap tak memiliki empati terhadap korban.

Alhasil, muncul desakan dan gesekan di kalangan masyarakat, seperti adanya pelemparan batu ke bus Arema FC dan penyerangan ke kantor klub asal Malang itu.

Karena situasi yang kian tak kondusif belakangan ini, Arema FC melalui Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi (PT AABBI), Tatang Dwi Arifianto, berencana membubarkan tim.

Baca Juga: Bikin Gagal Move On, Ini Kata-kata Terakhir Witan Sulaeman untuk AS Trencin usai Sah Jadi Pemain Persija Jakarta

“Tapi jika dirasa Arema FC ini dianggap mengganggu kondusifitas, tentu ada pertimbangan tersendiri  terkait eksistensinya atau seperti apa tapi  kami tetap menyerahkan kepada banyak pihak,” terang Tatang dilansir dari laman resmi klub.

Sontak wacana ini membuat banyak pihak terkejut. Mayoritas banyak yang mendukung keputusan tersebut karena masalah-masalah yang ada.

Terlepas dari hal tersebut, wacana pembubaran Arema FC pun akan memberi dampak besar dan akan membuat Singo Edan dihujani sanksi.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman Gabung Tim BRI Liga 1, Ini Reaksi Asnawi Mangkualam

Apalagi pembubaran ini terjadi di tengah-tengah bergulirnya kompetisi, yakni ajang Liga 1 2022/2023 yang tengah memasuki putaran kedua.

Apa saja sanksi yang akan didapatkan Arema FC jika memutuskan bubar atau mengundurkan diri di tengah-tengah kompetisi?

1. Seluruh hasil pertandingan yang telah dimainkan akan dibatalkan. Poin yang didapat, baik oleh Arema FC dan lawannya, tak akan dihitung.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri ke Dewa United, Media Malaysia Soroti COO Klub yang Sempat Malu-malu Kucing

2. Jika mundur, Arema FC harus membayar kompensasi yang dialami klub lainnya, PSSI, PT LIB (Liga Indonesia Baru), sponsor, televisi, dan pihak lainnya. Nantinya, jumlah kompensasi akan ditentukan PT LIB selaku operator liga.

3. Jika memutuskan mundur atau membubarkan diri, Arema FC akan mendapat larangan tampil di dua musim berikutnya dan hanya bisa bermain di kompetisi yang ditentukan oleh PSSI.

4. Arema FC pun akan mendapat denda fantastis jika mundur atau bubar, dengan rincian denda Rp3 miliar jika mundur atau bubar di putaran pertama, dan denda Rp5 miliar jika mundur atau bubar di putaran kedua.

5. Tak cukup dengan denda dan kompensasi, Arema FC juga bisa mendapatkan sanksi tambahan jika keputusan mundur atau bubar ini dilaporkan ke Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

6. Jika mundur atau bubar, Arema FC juga harus mengembalikan seluruh kontribusi yang diterima dari penyelenggaraan Liga 1.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

TERKINI

Ronaldo Kwateh duduk di bangku cadangan dalam laga terbaru Bodrumspor.
internasional | 20:00 WIB
Eric Cantona bak seorang mesiah kata Sir Alex Ferguson.
internasional | 19:49 WIB
Ban kapten pelangi kemungkinan akan dilarang oleh FIFA di Piala Dunia Wanita 2023.
internasional | 19:39 WIB
Jarang mendapat kesempatan sebagai starting line up, Ansu Fati bakal pindah dari Barcelona?
internasional | 19:28 WIB
Erick Thohir lobi Elkan Baggott main di SEA Games 2023.
indonesia | 19:04 WIB
Pemain-pemain ini ungkap pesan menohok usai drawing Piala Dunia U-20 batal.
indonesia | 18:15 WIB
Kata PSSI-nya Israel terkait penolakan di Piala Dunia U-20 2023.
indonesia | 17:25 WIB
Hitung-hitungan ranking FIFA Timnas Indonesia usai lawan Burundi.
indonesia | 17:23 WIB
Hasil FIFA Matchday timnas Indonesia dapat sorotan akun FIFA.
indonesia | 16:38 WIB
Pemain Persib Bandung ini menjadi assist untuk Jordi Amat pada gol kedua menghadapi Burundi semalam.
indonesia | 16:15 WIB
Tampilkan lebih banyak