Profil KMSK Deinze, Klub Kasta Kedua Liga Belgia yang Jadi Pelabuhan Baru Marselino Ferdinan

Seberapa hebat klub baru Marselino Ferdinan, KMSK Deinze? Simak ulasan lengkapnya berikut ini

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 02 Februari 2023 | 12:16 WIB
Sejumlah penggawa KMSK Deinze merayakan kemenangan mereka dalam salah satu pertandingan di Challenger Pro League. (Instagram/@kmskdeinze)

Sejumlah penggawa KMSK Deinze merayakan kemenangan mereka dalam salah satu pertandingan di Challenger Pro League. (Instagram/@kmskdeinze)

Gol.bolatimes.com - Gelandang berbakat Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, akhirnya resmi diumumkan sebagai rekrutan baru klub asal Belgia, KMSK Deinze, pada Rabu (1/2/2023).

Pengumuman bergabungnya Marselino Ferdinan ini disampaikan manajemen KMSK Deinze pada hari terakhir bursa transfer atau yang biasa disebut dengan deadline day.

"Pada transfer deadline day KMSK Deinze mendapatkan satu penguatan terakhir. Marselino Ferdinan yang berusia 18 tahun datang dari Persebaya Surabaya, salah satu klub sepak bola terbesar di Indonesia," tulisnya di keterangan postingan.

"Gelandang berbakat ini menandatangani kontrak hingga Juni 2024 dengan opsi satu tahun," imbuhnya.

Dalam sesi perkenalan ini, KMSK Deinze pun langsung memberikan pujian terhadap pemain barunya itu. Meski masih berusia 18 tahun, Marselino disebut punya prestasi mentereng.

"Di usianya yang masih belia, ia sudah meraih beberapa penghargaan individu atas prestasinya bersama timnas Indonesia. Ada banyak minat pada Marselino, tapi pada akhirnya dia memilih Oranye-Hitam," tutupnya.

Profil KMSK Deinze

Koninklijke Maatschappij Sportkring Deinze atau KMSK Deinze merupakan klub sepak bola profesional asal Belgia yang berbasis di Kota Beinze, East Flanders.

Klub dengan warna kebesaran oranye dan hitam ini berkompetisi di Challenger Pro League alias kompetisi kasta kedua di Belgia. Sebelumnya, mereka tercatat promosi ke kasta kedua dari Belgian Second Amateur Division pada 2020.

Jika menilik sejarah kemunculannya, cikal bakal KMSK Deinze bisa dilacak pada 12 Maret 1926. Ketika itu, mereka mendaftar di Asosiasi Sepakbola Belgia dengan SK Deinze.

Beberapa figur sentral yang membidani kelahiran klub ini ialah anak pemilik pabrik mobil Mile Trock, yakni Georges Trock dan Albert Van Den Poel.

Pada tahun 1992 dan 1993, Deinze merayakan dua gelar juara berturut-turut dan menjadikannya ke level nasional.

Denize sempat terdegradasi ke Divisi Tiga pada 2008/2009 dan menghabiskan enam musim. Mereka sempat berpartisipasi di final untuk meraih tiket promosi, tetapi kalah dari ROC de Charleroi-Marchienne.

Tiga tahun berselang, Deinze pun berjuang untuk promosi lewat babak final. Namun, klub hanya finis di urutan ketiga belas musim itu.

Sejak reformasi kompetisi sepak bola Belgia pada 2016, Deinze bermain di Divisi Pertama amatir. Klub ini akhirnya memiliki stadionnya sendiri setelah membeli Mayor Van De Wiele Stadion senilai 521 ribu euro dari Pemerintah Kota.

Saat ini, mereka berkompetisi di First Division B atau kasta kedua liga sepak bola Belgia setelah menempati posisi pertama pada akhir musim 2019/2020.

Adapun pada musim lalu, KMSK Deinze mengakhiri persaingan di peringkat keempat klasemen akhir kompetisi Challenger Pro League musim 2021/2022.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak