3 Gelandang yang Bisa Gantikan Peran Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia U-20

Baru bergabung klubnya di Eropa, mustahil bagi Marselino Ferdinan untuk izin dan mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 07 Februari 2023 | 17:00 WIB
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Zanadin Fariz (kanan) terjatuh dilanggar pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 Antoine Ortega (kiri) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww]

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Zanadin Fariz (kanan) terjatuh dilanggar pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 Antoine Ortega (kiri) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww]

Gol.bolatimes.com - Gelandang andalan Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan, tetap memiliki sejumlah pemain yang bisa menggantikannya jika tak bisa tampil di Piala Asia U-20 2023.

Pasalnya, Shin Tae-yong masih memiliki banyak opsi pemain di skuad Timnas Indonesia U-20 yang bisa dipercaya untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Marselino Ferdinan.

Sampai saat ini, wajah gelandang berusia 18 tahun itu juga tak kunjung terlihat. Saat ini, Marselino masih berada di Belgia membela KMSK Deinze, klub barunya.

Marselino Ferdinan terancam tak akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. Hal itu menyusul belum adanya kepastian mantan pemain sayap Persebaya Surabaya itu kembali ke tanah air.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pemain yang bisa menggantikan peran Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia U-20.

1. Zanadin Fariz

Salah satu gelandang yang punya potensi besar dan kualitasnya tak jauh berbeda dengan Marselino Ferdinan di skuad Timnas Indonesia U-20 ialah Zanadin Fariz.

Pemain asal Bekasi ini memang sudah menjadi salah satu nama yang cukup diandalkan Shin Tae-yong jika berbicara skuad Timnas U-20.

Gelandang berusia 18 tahun ini juga selalu mendapatkan kesempatan tampil secara reguler sejak Piala AFF U-19 2023 hingga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Apabila Marselino Ferdinan absen pada Piala Asia U-20 2023, maka salah satu nama terdepan yang bisa menggantikannya ialah Zanadin Fariz.

2. Arkhan Fikri

Selanjutnya, nama pemain yang juga bisa menjadi pengganti sepadan bagi Marselino Ferdinan ialah Arkhan Fikri, gelandang asal Arema FC.

Sejatinya, Arkhan Fikri lebih banyak mendapatkan peran sebagai gelandang tengah di skuad Timnas Indonesia U-20.

Namun, posisi natural pemain jebolan Barito Putera U-18 ini sebetulnya berada di pos gelandang serang. 

Itulah sebabnya, Arkhan Fikri bisa jadi salah satu opsi terbaik yang bisa digunakan Shin Tae-yong untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Marselino Ferdinan.

3. Dony Tri Pamungkas

Shin Tae-yong sebetulnya juga punya pemain lainnya yang bisa ditempatkan untuk mengisi pos gelandang serang Timnas Indonesia U-20. Sosok tersebut ialah Dony Tri Pamungkas.

Pemain Persija Jakarta ini juga sudah mulai mendapatkan kesempatan yang lebih banyak dari Thomas Doll di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Dony adalah tipe pemain yang bisa bermain di banyak tempat. Selain sayap kanan dan kiri, dia juga punya spesialisasi untuk menempati pos gelandang serang.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak