3 Dampak Negatif bagi Marselino Ferdinan Jika Nekat Ikut TC Timnas Indonesia U-20

Marselino Ferdinan dalam situasi dan kondisi yang dilema

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 09 Februari 2023 | 13:39 WIB
Marselino Ferdinan jalani latihan dengan KSMK Deinze. (Twitter/@KMSKDeinze)

Marselino Ferdinan jalani latihan dengan KSMK Deinze. (Twitter/@KMSKDeinze)

Gol.bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan, saat ini memang tengah menghadapi dilema besar karena disuruh Shin Tae-yong untuk segera bergabung dengan agenda pemusatan latihan (TC).

Padahal, Marselino Ferdinan baru saja diumumkan sebagai rekrutan terbaru klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, ketika para pemain Timnas Indonesia U-20 sudah memulai agenda TC.

Shin Tae-yong pun meminta Marselino untuk segera pulang ke Indonesia dan bergabung dengan rekan-rekannya yang sudah terlebih dahulu tiba di Jakarta.

Namun, sejatinya ada berbagai sisi positif dan negatif yang dihadapi pemain binaan Persebaya Surabaya itu jika langsung meninggalkan Belgia.

Jika mengurai lebih jauh soal sisi negatifnya, maka ada beberapa dampak buruk yang bisa dialami kapten Timnas Indonesia U-20 itu jika harus meninggalkan KMSK Deinze.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga dampak negatif yang bisa dialami Marselino Ferdinan andai nekat pulang ke Indonesia untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20.

1. Adaptasi Terganggu

Saat ini, Marselino Ferdinan masih menjalani proses adaptasi dengan lingkungan barunya di Liga Belgia. Selain masalah cuaca, ada banyak sekali hal yang harus diakrabi.

Beberapa di antaranya ialah persoalan makanan, budaya, hingga bahasa. Aspek-aspek ini harus mulai dikenali Marselino Ferdinan sehingga bisa semakin adaptif.

Tentu saja, pemain berusia 18 tahun itu harus segera mengenali rekan-rekan barunya yang kini bermain untuk KMSK Deinze. Hal ini sangat penting untuk membangun chemistry.

Jika Marselino Ferdinan buru-buru pulang ke Indonesia untuk mengikuti TC persiapan Piala Asia U-20 2023, maka proses adaptasinya akan terganggu.

2. Dianggap Tidak Profesional

Selain itu, Marselino Ferdinan juga bisa saja dianggap tidak profesional oleh pihak klub KMSK Deinze apabila buru-buru pulang ke Indonesia.

Sebab, dia baru saja diumumkan sebagai rekrutan baru tim kasta kedua Liga Belgia ini. Kalau Marselino memutuskan pulang, maka ada persepsi buruk yang bakal ditangkap oleh pihak klub.

Pasalnya, mantan pemain Persebaya Surabaya itu belum cukup lama bergabung dengan tim, tetapi sudah harus kembali angkat kaki karena panggilan Timnas Indonesia U-20.

3. Debut Akan Tertunda

Dampak negatif lainnya yang bakal dihadapi Marselino Ferdinan jika harus mengikuti instruksi Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia U-20 ialah menunda kesempatan debutnya.

Untuk saat ini, Marsel memang masih harus menjalani proses administrasi untuk mendapatkan izin kerja di Belgia. Setelah itu, dia baru bisa didaftarkan sebagai pemain KMSK Deinze.

Apabila proses ini sudah selesai tetapi Marselino Ferdinan terlanjur pulang ke Indonesia, maka kesempatannya untuk menjalani laga debut bersama KMSK Deinze bisa tertunda.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak