Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Tajikistan Jelang Berjumpa di FIFA Matchday Periode Maret 2023

Timnas Indonesia berencana jumpa Tajikistan pada pertandingan FIFA Matchday Maret 2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 09 Februari 2023 | 18:50 WIB
Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Gol.bolatimes.com - Rekor pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Tajkistan berpeluang besar untuk mulai tercatat ketika keduanya berjumpa pada pertandingan FIFA Matchday periode Maret 2023.

Tajikistan memang berpeluang besar menjadi lawan yang bakal dihadapi oleh Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday yang akan datang. Munculnya Tajikistan sebagai kandidat lawan skuad Merah Putih ini sempat diutarakan oleh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyebut, sejauh ini memang belum ada kepastian 100% soal lawan. Namun, ada dua negara yang menjadi kandidat untuk dihadapi skuad Garuda pada FIFA Matchday periode Maret 2023.

"Kita masih menentukan tapi memang 100 persen untuk itu [FIFA matchday]. Tapi sepertinya Bolivia atau Tajikistan yang akan menjadi lawan," terang Shin Tae-yong, Rabu (8/2/2023).

Apabila Tajikistan benar-benar menjadi lawan yang dihadapi Timnas Indonesia, maka kedua tim akan mencatatkan rekor pertemuan pertamanya di level senior.

Sebab, sampai saat ini, Timnas Indonesia dan Tajikistan belum pernah sekali pun berhadap-hadapan di atas lapangan pada ajang internasional.

Satu-satunya pertemuan antara Indonesia dengan Tajikistan terjadi pada pertandingan uji coba di level U-23 di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Ketika itu, Indonesia U-23 dan Tajikistan U-23 berduel di Republican Central Stadium, Dushanbe, Selasa, 19 Oktober 2021.

Pertandingan uji coba ini merupakan bagian dari agenda persiapan skuad Garuda Muda sebelum menghadapi ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2023 melawan Australia.

Pada pertandingan tersebut, Indonesia U-23 memang sempat tertinggal terlebih dahulu via gol yang dicetak Shervoni Mabatshoev pada menit kelima.

Namun, Hanis Sagara sukses menyamakan kedudukan setelah menjebol gawang Tajikistan U-23 pada menit ke-35. Kedudukan 1-1 ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, skuad asuhan Shin Tae-yong akhirnya berhasil untuk membalikkan keadaan. Bagus Kahfi berhasil memanfaatkan assist Witan Sulaeman pada menit ke-63 untuk membuat kedudukan berubah jadi 2-1.

Ini memang menjadi pertemuan satu-satunya bagi kedua negara di level internasional. Dengan kata lain, keduanya bisa saja membukukan perjumpaan pertamanya pada ajang FIFA Matchday periode Maret 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak