Profil Yesayas Oktavianus, Bakal Calon Waketum PSSI yang Gugat Erick Thohir

Yesayas Oktavianus gugat Erick Thohir ke FIFA.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 11 Februari 2023 | 11:46 WIB
Bakal Calon Waketum PSSI 2023-2027 Yesayas Oktavianus yang gugat Erick Thohir. (Antara/Michael Siahaan)

Bakal Calon Waketum PSSI 2023-2027 Yesayas Oktavianus yang gugat Erick Thohir. (Antara/Michael Siahaan)

Gol.bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Yesayas Oktavianus, bakal calon Wakil Ketua Umum (Waketum) yang memanaskan intrik jelang Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dengan menyeret Erick Thohir.

Nama Yesayas Oktavianus menjadi perbincangan setelah dirinya menilai salah satu calon Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, tak aktif berkecimpung di dunia sepak bola.

Penilaian ini buntut hadirnya tudingan yang menyatakan bahwa Menteri BUMN tersebut tak pernah berkecimpung di dunia sepak bola selama lima tahun, yang menjadi syarat menjadi calon Ketua Umum (Ketum) PSSI.

Atas tudingan tersebut, muncul pernyataan bahwa ET, sapaan Erick Thohir, diklaim pernah menjadi Wakil Komisaris Persib Bandung sejak 2009-2019 atau selama 10 tahun.

Akan tetapi, klaim tersebut coba dipatahkan oleh Yesayas Oktavianus selaku bakal calon Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI yang menyebutkan bahwa jabatan Wakil Komisaris itu bukan jabatan aktif.

Karena bukan jabatan aktif, Yesayas Oktavianus menuturkan bahwa jabatan yang dimiliki ET sebagai Wakil Komisaris Persib tak sesuai dengan syarat sebagai Calon Ketua Umum PSSI, yang meminta calon aktif di dunia sepak bola.

Bagi Yesayas, hal tersebut dianggapnya sebagai pelanggaran dalam pencalonan Ketua Umum PSSI. Sehingga, ia pun mengaku telah melaporkan dugaan pelanggaran ini kepada induk sepak bola dunia atau FIFA.

Tak hanya ET yang jadi sasaran, Yesaya juga menyasar ke beberapa nama yang lolos sebagai calon Komite Eksekutif (Exco) PSSI meski tidak memenuhi syarat.

Munculnya kabar ini jelang KLB pada 16 Februari mendatang otomatis membuat nama Yesayas Oktavianus menjadi perbincangan.

Lantas, siapakah sosok Yesayas Oktavianus tersebut?

Berikut profil Yesayas Oktavianus

Yesayas Oktavianus bukanlah nama asing di media Tanah Air. Ia merupakan mantan jurnalis atau wartawan salah satu media cetak ternama di Indonesia.

Kiprahnya di dunia jurnalistik identik dengan dunia olahraga, di mana ia pernah meliput sejumlah event besar di dunia seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Olimpiade, Asian Games, dan juga SEA Games.

Selain punya kiprah di dunia jurnalistik, Yesayas juga pernah berkecimpung di sepak bola. Diketahui, ia pernah tergabung dalam tim perumus Dewan Sepak Bola Nasional pada 2010 lalu.

Bahkan pria kelahiran Ambon tersebut pernah menjadi Komite Normalisasi PSSI pada tahun 2011 silam dan beberapa kali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum federasi sepak bola Indonesia tersebut.

Pencalonannya sendiri terjadi pada 2019 lalu, untuk periode 2019-2023. Sayang, Yesanas tak terpilih oleh Komite PSSI dan kalah dari Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Saat menjadi calon Ketua Umum PSSI pada 2019 lalu, Yesayas memiliki janji surga jika nantinya dia terpilih sebagai pemimpin induk sepak bola Indonesia tersebut.

Ia mengaku akan bersinergi dengan pemerintah jika terpilih, sesuai dengan Instruksi Presiden (INPRES) No.3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Selain itu, Yesayas juga pernah berjanji memberdayakan pembinaan usia muda dan mengimplementasikan Sport Science demi menciptakan tim nasional yang berkualitas dan berprestasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak