Performa Nadeo Menurun, Ini 3 Kiper yang Bisa Dicoba STY di FIFA Matchday

Shin Tae-yong bisa mencoba memanggil kiper baru setelah performa Nadeo Argawinata menurun di BRI Liga 1 2022/2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 13 Februari 2023 | 09:00 WIB
Teja Paku Alam saat berseragam Semen Padang. (Instagram/@semenpadangfcid).

Teja Paku Alam saat berseragam Semen Padang. (Instagram/@semenpadangfcid).

Gol.bolatimes.com - Performa Nadeo Argawinata sedang jadi sorotan sehingga namanya disebut layak untuk digantikan sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia.

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia bakal melakoni laga FIFA Matchday yang berlangsung pada 20-28 Maret 2023. Ada nama Bolivia dan Tajikistan yang disebut menjadi lawan skuad Garuda.

Posisi kiper Timnas Indonesia kini tengah jadi sorotan lantaran Nadeo yang biasanya jadi andalan, tengah punya performa dan statistik menurun.

Statistik mencatat dalam 4 laga terakhirnya bersama Bali United, Nadeo Argawinata mencatat sudah 9 gol bola bersarang di gawangnya.

Lebih rinci lagi, Nadeo Argawinta kebobolan 2 gol pada saat melawan PSM Makassar, 4 gol saat menghadapi RANS Nusantara FC, 2 gol saat lawan Barito Putera, dan 1 gol saat menghadapi kekuatan Persib Bandung.

Grafik performa yang menurun itu membuat publik sepak bola Tanah Air menilai Shin Tae-yong bisa mengganti posisi Nadeo di pos penjaga gawang Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday mendatang.

Lantas, siapa saja kiper yang bisa menjadi pengganti Nadeo?

1. Teja Paku Alam

Teja Paku Alam menjalani musim yang luar biasa pada Liga 1 2021/22. Namun cedera membuatnya harus menepi cukup lama pada awal musim Liga 1 2022/23.

Namun tak butuh waktu lama buat Teja membuktikan kualitasnya. Di bawah arahan Luis Milla, performa Teja juga semakin menanjak yang berdampak pada tren positif Persib.

Musim ini, Teja sudah mencatatkan 12 pertandingan dengan torehan 5 kali clean sheet dan cuma kebobolan 10 gol. Jelas ini statistik yang mentereng untuk seorang kiper.

2. Ernando Ari Sutaryadi

Ernando memulai Liga 1 2022/23 dengan tidak mulus karena harus menjalani perawatan usai mengalami cedera bahu. Ia pun harus absen pada 11 pertandingan pertama Persebaya.

Namun setelah pulih total, Ernando langsung jadi andalan Aji Santoso di bawah mistar Bajul Ijo. Sejauh ini, pemain jebolan Garuda Select tersebut  sudah mencatatkan 10 pertandingan di Liga 1.

Dari jumlah penampilan tersebut, statistik Ernando Ari cukup impresif dengan catatan 3 kali clean sheet dan baru 10 kali kebobolan.

3. Reza Arya Pratama

Namanya memang tidak sementereng dua pemain di atas, tapi penampilan Reza Arya bersama PSM Makassar di Liga 1 musim ini mencuri perhatian.

Ia tak tergantikan di pos penjaga gawang. Tampil dalam 23 pertandingan, Reza membawa PSM menjadi salah satu dari dua tim  paling jarang kebobolan di Liga 1 dengan 18 kali kebobolan.

Tentunya statistik ini menjadi modal positif buat Reza yang baru berusia 22 tahun. Menilik performanya, Shin Tae-yong sangat layak untuk menjajal kemampuan Reza di Timnas Indonesia pada FIFA Matchday mendatang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak