3 Negara Tetangga Tajikistan yang Bisa Menjadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2023

Deretan negara tetangga Tajikistan yang mungkin jadi rival Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 14 Februari 2023 | 16:00 WIB
Tajikistan mengalahkan Malaysia di final King's Cup 2022. (Dok. FAM)

Tajikistan mengalahkan Malaysia di final King's Cup 2022. (Dok. FAM)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia terancam batal menghadapi Bolivia di ajang FIFA Matchday periode Maret 2023. Sejumlah negara tetangga Tajikistan sebetulnya bisa menjadi alternatif penggantinya.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengungkapkan Bolivia diprediksi tak akan melawan Timnas Indonesia. Hal ini lantaran mereka mendapatkan tawaran dari Arab Saudi untuk menjalani laga uji coba di waktu yang sama.

“Sepertinya Tajikistan sudah oke. Tapi, Bolivia tampaknya mendapatkan tawaran dari Arab Saudi dengan 'match fee' lebih besar,” ucap Indra Sjafri dikutip dari Antara.

“Namun kami terus coba bernegosiasi dengan mereka. Kalau tidak bisa, kami akan cari lawan lain yang selevel dengan Bolivia,” timpal Indra Sjafri.

Oleh karena itu, PSSI harus segera mencari lawan yang menggantikan Bolivia pada ajang FIFA Matchday ini. Jika mempertimbangkan negara tetangga Tajikistan, sebetulnya ada beberapa nama yang bisa dipertimbangkan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga negara tetangga Tajikistan yang bisa menjadi lawan bertanding Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday periode Maret 2023.

1. Uzbekistan

Pemain timnas Uzbekistan menyapa suporter pendukungnya seusai mengalahkan tim sepak bola Hong Kong di pertandingan Babak16 besar Asian Games ke 18 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Arif Nugroho)
Pemain timnas Uzbekistan menyapa suporter pendukungnya seusai mengalahkan tim sepak bola Hong Kong di pertandingan Babak16 besar Asian Games ke 18 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Arif Nugroho)

Uzbekistan yang muncul sebagai kandidat terkuat. Mereka merupakan salah satu negara yang cukup tangguh di kawasan CAFA alias Asia Tengah.

Tentu saja, Timnas Ubzekistan bukanlah lawan yang bisa dipandang sebelah mata oleh Timnas Indonesia jika keduanya bertempur pada FIFA Matchday.

Pasalnya, mereka menjadi salah satu negara terkuat di kawasan ini. Apalagi, Uzbekistan saat ini berada di ranking 77 FIFA, alias menduduki peringkat ke-10 di kawasan Asia.

2. Kirgizstan

Kirgizstan menjadi salah satu negara yang saat ini tergabung di Asosiasi Sepak Bola Asia Tengah alias Central Asian Football Association (CAF).

Mereka berstatus sebagai negara tetangga Tajikistan yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi lawan Timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday mendatang.

Pasalnya, selain status mereka sebagai peserta Piala Asia 2023 yang sukses melaju lewat jalur runner-up terbaik, Kirgizstan juga berada di peringkat 100 besar FIFA.

Saat ini, mereka menduduki ranking ke-95, artinya posisinya lebih tinggi ketimbang Indonesia dan berpeluang menghasilkan poin yang tinggi jika berhasil dikalahkan.

3. Turkmenistan

Negara tetangga Tajikistan lain yang bisa masuk daftar calon pengganti Bolivia pada laga FIFA Matchday periode yang akan datang ialah Turkmenistan.

Sama seperti Kirgistan, Turkmenistan juga menjadi salah satu anggota CAFA. Namun, bedanya Turkmenistan bukanlah kontestan yang sukses merebut tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Meskipun demikian, Turkmenistan tetaplah menjadi lawan yang lebih mudah untuk ditaklukkan anak asuh Shin Tae-yong jika mempertimbangkan peringkat FIFA-nya, yakni berada di ranking ke-135.

 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak