Profil Seychelles, Negara Antah Berantah Calon Lawan Brunei Darussalam di FIFA Matchday

Seychelles jadi salah satu lawan Brunei Darussalam di FIFA Matchday.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 14 Februari 2023 | 18:25 WIB
Timnas Brunei Darussalam versus Timor Leste di leg kedua playoff Piala AFF 2022. (Twitter/@AFFPresse)

Timnas Brunei Darussalam versus Timor Leste di leg kedua playoff Piala AFF 2022. (Twitter/@AFFPresse)

Gol.bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Seychelles, sebuah negara antah berantah yang menjadi calon lawan Brunei Darussalam pada ajang FIFA Matchday 2023.

Jelang agenda FIFA Matchday pada Maret 2023 mendatang, setiap negara anggota FIFA mulai bergerilya untuk mencari lawan beruji tanding.

Salah satunya adalah Brunei Darussalam. Tim nasional peringkat 190 dunia ini tak ingin melewatkan agenda FIFA Matchday untuk bertanding pada Maret 2023 nanti.

Baca Juga: Hasil BAMTC 2023: Perkasa, Fajar/Rian Bawa Indonesia Bantai Lebanon 3-0

Karenanya, Brunei menerima undangan dari Bangladesh untuk tampil di kompetisi yang digelar federasi sepak bola Bangladesh atau BFF yang bertajuk Tri-Nations Cup 2023.

Sesuai namanya, akan ada tiga negara yang akan tampil di kompetisi ini. Selain Bangladesh selaku penyelenggara dan Brunei, ada juga Seychelles yang menjadi tamu.

“Kami akan menyelenggarakan Tri-Nation Series selama jendela Maret di mana Brunei dan Seychelles melakukan tur dengan Bangladesh untuk bermain bersama kami,” kata Kazi Nabil Ahmed dilansir dari Dhaka Tribune.

Baca Juga: Gabung KMSK Deinze, Marselino Ferdinan Dipuji Pemain Timnas Mali

“Akan ada tiga pertandingan. Kami mengambil persiapan untuk ini. Kami memutuskan kompetisi akan diselenggarakan di Sylhet,” lanjut Wakil Presiden BFF tersebut.

Hadirnya nama Seychelles dalam turnamen yang dihelat Bangladesh inipun membuat banyak orang bertanya mengenai negara ini.

Lantas, seperti apa profil Seychelles? Bagaimana dengan tim nasional yang dimiliki negara tersebut?

Baca Juga: BRI Liga 1 2022/2023: Bungkam Persib Bandung, PSM Makassar Rajai Klasemen

Negara Kepulauan di Afrika

Seychelles merupakan negara yang masuk bagian Afrika. Negara ini terletak di Samudera Hindia, sekitar 1600 km sebelah timur daratan Afrika dan sebelah timur laut Madagaskar.

Terletak di Samudera Hindia, Seychelles pun menjadi salah satu negara kepulauan. Diketahui, negara ini memiliki 115 pulau dengan luas wilayah sebesar 455 km persegi atau lebih kecil dari Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: PSM Makassar Taklukkan Persib Bandung 2-1, Persik Kediri Tahan Imbang Bali United 1-1

Tercatat pada 2021 lalu, negara Seychelles memiliki kurang dari 100 ribu penduduk, tepatnya berada di angka 99258 penduduk saja.

Meski memiliki populasi yang rendah, olahraga sepak bola di Seychelles memiliki geliat sendiri. Diketahui, negara ini memiliki liga bernama Seychelles Premier League.

Ajang tertinggi di Seychelles ini sudah digelar sejak tahun 1979 silam. Tercatat pada 2017 lalu, kompetisi ini memiliki 12 tim.

Karena memiliki liga dan tim-tim profesional, Seychelles pun lantas memiliki tim nasional tersendiri yang tergabung di zona Afrika atau CAF sejak 1986. Di tahun yang sama, timnas berjuluk The Pirates ini juga menjadi bagian dari anggota FIFA.

Untuk peringkatnya sendiri, Seychelles diketahui duduk di peringkat ke-199 FIFA dari 211 negara anggota yang ada.

Catatan terbaik Seychelles di ranking dunia sendiri saat duduk di peringkat ke-129 pada Oktober 2006 silam. Dan catatan terburuknya didapatkan pada 2020 lalu saat menduduki posisi ke-202.

Berbeda dengan negara lain yang mengandalkan pemain Abroad, Seychelles justru selalu mengandalkan pemain di liga lokalnya.

Bahkan, Seychelles saat ini juga menggunakan jasa pelatih lokal, yakni Vivian Bothe, yang berhasil membawa negaranya memenangi Four Nations Football Tournament pada 2021.

Di ajang itu, Seychelles mampu mengungguli tuan rumah Sri Lanka dan mengungguli dua tim lainnya, yakni Bangladesh dan Maldives.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak