Profil Benni McCarthy, Pelatih di Balik Gacornya Performa Marcus Rashford

Benni McCarthy punya jasa besar dalam kebangkitan performa Marcus Rashford.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 14 Februari 2023 | 22:00 WIB
Pelatih Capt Town City Benni McCarthy. (RODGER BOSCH / AFP)

Pelatih Capt Town City Benni McCarthy. (RODGER BOSCH / AFP)

Gol.bolatimes.com - Benni McCarthy dianggap sebagai sosok yang membuat Marcus Rashford tampil luar biasa bersama Manchester United di musim 2022/2023.

Baru-baru ini Marcus Rashford mencetak satu gol saat The Red Devils menang 2-0 atas Leeds United. Gol itu merupakan gol ke-21 Rashford sejauh musim ini berjalan. 

Catatan ini hampir menyamai torehan terbaik Rashford selama satu musim saat pemain berusia 25 tahun tersebut mencatatkan 22 gol di semua kompetisi musim 2019/2020.

Benni McCarthy pun disebut punya jasa besar dalam kebangkitan performa Marcus Rashford. Keputusan Erik Ten Hag merekrut Benni McCarthy sebagai pelatih striker Manchester United dinilai merupakan keputusan yang sangat jitu.

Lantas, siapa sebetulnya Benni McCarthy? Berikut ulasan profilnya!

Profil Benni McCarthy

Sosok bernama lengkap Benedict Saul McCarthy ini merupakan mantan pesepak bola kelahiran Cape Town, Afrika Selatan, pada 12 November 1977.

Kariernya sebagai pemain profesional dimulai pada 1995 dengan bermain di klub Afrika Selatan, Seven Stars. Ia sempat dipinjamkan ke Cape Town Spurs, sebelum bergabung dengan Ajax Amsterdam pada 1997.

Dua musim berada di Ajax, McCarthy sukses mencetak 20 gol dari 36 laga di liga. Torehan itu membuatnya diboyong Celta Vigo pada 1999 dengan biaya 6 juta euro.

Tiga musim di Celta Vigo, karier Benni McCarthy tak mulus dengan hanya mencetak 10 gol dari 66 laga. Ia pun memutuskan hengkang ke Porto dan berhasil menemukan lagi ketajamannya.

Pada musim 2006, McCarthy lalu pindah ke Liga Inggris untuk membela Blackburn Rovers. Empat musim di sana, ia pindah ke West Ham United. Namun selama dua musim di sana, ia jarang mendapat kesempatan.

Di penghujung kariernya, Benni McCarthy pulang ke Afrika Selatan untuk membela Orlando Pirates. Setelah itu ia memutuskan gantung sepatu pada 2013.

Dua tahun setelah pensiun, McCarthy baru terjun ke dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di Sint-Truiden. Lalu pada 2017-19 ia menjadi pelatih Cape Town City, lalu membesut AmaZulu dari 2020-2022.

Kejutan buat karier Benni McCarthy datang pada Juli 2022 saat direkrut menjadi staf kepelatihan Manchester United. Ia ditunjuk menjadi pelatih striker di Iblis Merah.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak