Profil Reza Arya Pratama, Kiper PSM Makassar yang Layak Dipanggil ke Timnas Indonesia

Performa Reza Arya Pratama curi perhatian.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 15 Februari 2023 | 19:00 WIB
Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama. (Instagram/@rezaaryapratama30)

Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama. (Instagram/@rezaaryapratama30)

Gol.bolatimes.com - Penampilan Reza Arya Pratama sedang jadi sorotan bersama PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023. Namanya muncul sebagai salah satu kiper terbaik di kompetisi tertinggi Tanah Air musim ini.

Namanya memang tidak sementereng kiper-kiper ternama Indonesia lainnya, tapi penampilannya bersama Juku Eja berhasil mencuri perhatian.

Ia tak tergantikan di pos penjaga gawang. Tampil dalam 24 pertandingan, Reza membawa PSM menjadi salah satu dari dua tim  paling jarang kebobolan di BRI Liga 1 dengan 19 kali kebobolan.

Reza hanya kalah dari Andritany Ardhiyasa dari Persija Jakarta yang baru kebobolan 18 kali sejauh musim ini berjalan. Namun Reza dan Andritany sama-sama mencatatkan 9 kali clean sheet.

Tentunya statistik ini menjadi modal positif buat Reza yang baru berusia 22 tahun. Menilik performanya, Shin Tae-yong sangat layak untuk menjajal kemampuan Reza di Timnas Indonesia pada FIFA Matchday mendatang.

Lantas, siapa sebetulnya Reza ini dan bagaimana perjalanan kariernya? Berikut ulasan profilnya!

Profil Reza Arya Pratama

Reza Arya Pratama adalah pesepakbola kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, pada 18 Mei 2000. Ia adalah jebolan PPLP Sulsel dan sempat menjadi bagian dari klub Mattombong FC pada 2016.

Pada 2017, Reza lalu bergabung dengan PSM Makassar U-17. Dari sana, perjalanannya untuk menembus skuad utama PSM dimulai.

Dirinya menjadi kiper pelapis keempat saat masih bermain bersama Rivki Mokodompit, Hilmansyah, dan Syaiful. Menit bermain sangat jarang dan bahkan kurang didapatkan olehnya.

Bahkan pada Liga 1 2019, Reza Arya Pratama cuma tiga kali masuk ke line-up tanpa pernah diturunkan. Ketiga laga itu adalah saat melawan Persipura, Arema FC, dan Bali United.

Meski begitu, di musim 2019 tersebut, Reza Arya Pratama masuk ke dalam bagian skuad PSM Makassar yang menjadi juara Piala Indonesia 2019.

Memasuki musim 2022, Reza Arya Pratama mulai diberikan kepercayaan gawani PSM Makassar. Semua bermula dari laga uji coba, di mana Reza selalu menjadi kepercayaan.

Saat itu, Reza akhirnya berhasil melewati empat tahun penantian untuk menembus skuad utama PSM Makassar. Hadirnya Bernardo Tavares, turut punya andil dalam menanjaknya performa Reza.

Di bawah arahan Tavares, Reza Arya Pratamaselalu mendapat kepercayaan bisa membuktikan kemampuannya di bawah mistar. Kini, Reza Arya Pratama pun muncul sebagai salah satu kiper terbaik di Liga 1 2022/23.

Padahal musim lalu, Reza Arya Pratama cuma mendapat satu kali kesempatan bermain di Liga 1. Namun di musim 2022/23, Reza Arya Pratama jadi andalan dan sudah tampil 24 kali di BRI Liga 1 2022/2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak