Ini Sepak Terjang Erick Thohir, Ketum PSSI Periode 2023-2027 yang Janjikan Liga di Indonesia Gunakan VAR

Erick Thohir pernah menjadi Presiden klub Inter Milan.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Kamis, 16 Februari 2023 | 14:28 WIB
Ketum PSSI Terpilih Erick Thohir (kiri) berjabat tangan dengan Ketum PSSI Demisioner, Mochamad Iriawan (kanan) usai KLB PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Twitter/@ericktohir)

Ketum PSSI Terpilih Erick Thohir (kiri) berjabat tangan dengan Ketum PSSI Demisioner, Mochamad Iriawan (kanan) usai KLB PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Twitter/@ericktohir)

Gol.bolatimes.com - Erick Thohir, sah menjadi Keta Umum (Ketum) PSSI menggantikan Mochamad Iriawan. Erick Thohir menang telak dari Lanyalla Mahmud Mattalitti dengan perbandingan suara 64:22 saat KLB PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Nama Erick Thohir sudah dikenal cukup lama. Namanya semakin disorot ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat dirinya sebagai Menteri BUMN.

Erick Thohir tak serta merta dijagokan dalam pemilihan Ketum PSSI. Menyusul kiprahnya di dunia sepak bola hinga pernah menjabat sebagai presiden salah satu klub tersohor, Inter Milan.

Baca Juga: Kata-kata Erick Thohir usai Resmi Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027

Menarik dikulik soal sepak terjangnya di dunia si kulit bundar. Berikut rangkuman bolatimes.com terhadap kiprah Erick Thohir yang terpilih menjadi Ketum PSSI periode 2023-2027.

1. Orang di balik layar tajamnya Persija Jakarta

Medio 2004 adalah gerakan kecil Erick Thohir merambah ke dunia sepak bola. Sebelumnya ia memegang klub basket, Satria Muda sejak 1993 dan mulai beralih ke sepak bola.

Baca Juga: 3 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Iwan Bule setelah Lengser dari Jabatan Ketua Umum PSSI

Ia menjadi orang yang mendukung Persija Jakarta dan hanya bermain di balik layar tim. Saat itu, Erick Thohir mendapat ajakan dari IGK Manilla dan juga Gubernur DKI Jakarta kala itu, Sutiyoso.

Sejumlah pemain papan atas mulai dihadirkan termasuk membenahi keuangan tim hingga menjadi klub yang disegani di Liga 1.

2. Beralih ke Persib Bandung

Baca Juga: Singkat Jelas Padat, Ucapan Gibran Rakabuming Pasca Erick Thohir Jadi Ketum PSSI

Erick Thohir berkiprah bersama Macan Kemayoran selama lima tahun. Pada 2009, Erick merapat ke Persib Bandung.

Di tangan Erick, meski dirinya tak mau banyak tampil ke publik, Maung Bandung juga menjadi klub yang kuat. Selama 10 tahun berada di Persib, nama Erick semakin dikenal.

3. Akuisisi DC United

Tetap memberi kontribusi di Persib Bandung, Erick Thohir juga sempat mengakuisisi klub Amerika Serikat, DC United pada 2012.

Bersama rekan bisnisnya, Erick memiliki saham mayoritas di klub yang pernah ditukangi legenda Manchester United, Wayne Rooney.

4. Punya saham 70 persen di Inter Milan

Berlanjut di tahun 2013, Erick Thohir makin tertarik terjun ke dunia sepak bola. Kali ini klub asal Italia yang jadi sasarannya. Erick Thohir membeli 70 persen saham Inter Milan yang masih terseok-seok dengan keuangan tim.

Namun menjadi pemegang saham mayoritas Inter Milan tak membuatnya bertahan lama. Hanya tiga tahun memiliki saham mayoritas Inter Milan, Erick Thohir melepas 70 persen saham itu ke Suning Holdings Group Co, perusahaan asal China.

Tapi ia tetap menjabat sebagai presiden klub hingga 2018. Saat itu satu-satunya klub yang di bawah naungannya hanya Persib Bandung hingga 2019.

5. Membeli saham milik Persis Solo

Tepat 21 Maret 2021, Erick Thohir resmi membeli 20 persen saham milik Persis Solo. Hingga sekarang dirinya masih terdaftar sebagai pemilik saham bersama Kaesang Pangarep yang mengakuisisi 40 persen saham Laskar Sambernyawa.

6. Membeli saham mayoritas Oxford United

Selang setahun membeli 20 persen saham Persis Solo, Erick Thohir juga membeli saham klub kasta ketiga Liga Inggris, Oxford United pada 19 September 2022.

Ia memiliki saham mayoritas dan kembali melebarkan sayapnya di dunia sepak bola.

7. Terpilih Ketum PSSI baru

Kiprahnya selama lebih dari 18 tahun di sepak bola, Erick Thohir mengajukan diri untuk menjadi Ketum PSSI. Mendaftar pada Januari 2023 lalu, Menteri BUMN ini didampingi para influencer dan artis Indonesia.

Pada KLB PSSI, Kamis (16/2/2023), Erick Thohir resmi menjadi Ketum PSSI ke-20 dengan masa jabatan 2023-2027 mendatang.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak