3 Efek Positif usai Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Sinyak Kuat Sepak Bola Indonesia Makin Maju

Erick Thohir resmi terpilih jadi Ketum PSSI periode 2023-2027.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 16 Februari 2023 | 18:15 WIB
Erick Thohir resmi terpilih jadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Dok PSSI)

Erick Thohir resmi terpilih jadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Dok PSSI)

Gol.bolatimes.com - Melihat efek positif dari terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI. Apa saja yang bisa diberikannya untuk sepak bola Indonesia?

Menteri BUMN, Erick Thohir, resmi terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung di Hotel Shangri La, Kamis (16/2).

Dalam pemilihan di KLB tersebut, pria berusia 52 tahun itu meraih suara terbanyak dengan 64 suara, mengalahkan La Nyalla Mattalitti yang meraih 22 suara dari 86 voters yang ada.

Baca Juga: Tancap Gas, Erick Thohir Segera Bertemu Shin Tae-yong Bahas Piala Dunia U-20 2023

Terpilihnya Erick Thohir sendiri menuntaskan polemik yang sebelumnya menyertai pencalonannya. Sebagai informasi, pencalonan eks pemilik Inter Milan ini sempat tersendat oleh Statuta PSSI.

Saat itu, Erick Thohir dianggap tak layak menjadi calon karena adanya aturan anggota harus pernah berkecimpung di sepak bola selama lima tahun.

Karenanya, polemik ini pun berakhir di KLB, seiring terpilihnya pria yang juga pernah menjadi Ketua Umum (Ketum) Persatuan Bola Basket Indonesia atau Perbasi.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Persija Jakarta Tumbang saat Hadapi Bhayangkara FC

Terpilihnya Erick Thohir juga membuka babak baru di tubuh PSSI yang kini dihadapkan pada sekelumit masalah di sepak bola Indonesia dan agenda besar di tahun 2023 ini.

Lantas, apa saja efek positif dari terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI untuk empat tahun ke depan? Berikut ulasannya.

1. Dilanjutkannya Kompetisi Liga 2 dan Liga 3

Baca Juga: Drama Berlanjut! Yunus Nusi Mundur, Ratu Tisha dan Zainudin Amali Dampingi Erick Thohir di PSSI

Dalam janjinya saat dicalonkan sebagai Ketum PSSI, Erick Thohir memiliki janji akan melanjutkan kompetisi Liga 2 dan Liga 3 yang terhenti pasca Tragedi Kanjuruhan.

Janji tersebut pun akan menjadi sorotan dari penikmat sepak bola Tanah Air, dan juga para Stakeholder di sepak bola Indonesia, serta para pemain profesional.

Apalagi terhentinya Liga 2 dan Liga 3 membuat FIFPRO turun tangan. Sehingga, pekerjaan perdana Erick Thohir usai terpilih adalah melanjutkan kompetisi yang sempat terhenti di sisa musim ini.

Baca Juga: Yunus Nusi Mundur, Ratu Tisha dan Zainudin Amali Jadi Waketum PSSI 2023-2027

2. PSSI Lebih Terorganisir

Terpilihnya Erick Thohir membuat hadirnya harapan bahwa PSSI akan menjadi organisasi yang lebih terorganisir di bawah kepemimpinannya.

Diketahui, Erick Thohir pernah menjadi pemilik Inter Milan. Selain itu, ia juga pernah memimpin DC United dan kini menjadi salah satu pemilik Oxford United.

Dengan pengalaman segudang, terutama di sepak bola internasional, Erick Thohir diyakini bisa membawa kemajuan di PSSI dan membuat federasi sepak bola Indonesia itu lebih terorganisir.

3. Kemajuan di PSSI

Karena pernah berkecimpung di sepak bola internasional, Erick Thohir tak hanya dekat dengan Stakeholder di kancah domestik, melainkan di kancah dunia.

Diketahui, ia dekat dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan menjadi sosok penting dalam keberlangsungan sepak bola Tanah Air kala melakukan lobi dengan induk sepak bola dunia tersebut.

Selain itu, kedekatannya dengan pemerintah Indonesia dan latar belakangnya sebagai pebisnis bisa membuat PSSI bisa melangkah ke depan dan lebih maju.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak