Kronologi Pemilihan Waketum PSSI Terindikasi Kecurangan, dari Dilakukan Pemungutan Suara 2 Kali hingga Yunus Nusi Mundur

Pemilihan Waketum PSSI diwarnai sejumlah drama hingga diduga ada kecurangan.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 16 Februari 2023 | 19:01 WIB
Ratu Tisha gagal menjadi Wakil Ketum PSSI dan menempati posisi sebagai Sekjen PSSI Periode 2023-2027. (Twitter/@FaktaSepakbola)

Ratu Tisha gagal menjadi Wakil Ketum PSSI dan menempati posisi sebagai Sekjen PSSI Periode 2023-2027. (Twitter/@FaktaSepakbola)

Gol.bolatimes.com - Drama tiga babak warnai pemilihan Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI yang digelar pada Kamis (16/2/2023), di mana akhirnya Ratu Tisha sukses terpilih meski sempat dilakukan ulang pemungutan suara.

Pemilihan Waketum PSSI yang dilaksanakan saat Kongres Luar Biasa (KLB) ini awalnya berjalan lancar, sampai pada momen hasil perhitungan memunculkan kecurigaan.

Ratu Tisha hanya mendapat 41 suara, sementara dua tertinggi di atas diisi Yunus Nusi dengan 63 suara dan Zainudin Amali dengan 66 suara.

Baca Juga: Momen Ampas Enzo Fernandez, Pemain Termahal di Premier League yang Digocek Bocah 21 Tahun

Hasil ini nyaris diresmikan, sebelum beberapa voter menyuarakan protesnya dengan alasan adanya indikasi kecurangan yang melibatkan nama Ratu Tisha.

Kebanyakan suara Ratu Tisha disebut lenyap, hal ini diungkap voter perwakilan Persiba Balikpapan, Tigor Simanjuntak saat ditemui awak media.

"Sementara banyak yang nulis Ratu Tisha hilang, ada yang nulis nama Syauqi hilang, ada yang nulis Riyad hilang, sehingga usul dari teman-teman ganti KP," ucap Tigor.

Baca Juga: Vietnam Resmi Tunjuk Pelatih Baru, Pernah Dipermalukan Timnas Indonesia

Dari momen itulah yang membuat kericuhan muncul, sejumlah anggota yang berstatus voter melancarkan protes hingga adu mulut.

Tigor menegaskan ada campur tangan dari mantan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang membuat adanya pengulangan pemungutan suara.

"Tapi mantan ketua umum Pak Ibul mendengarkan wibawa pak Ibul, hitung ulang. Kongres ini diselamatkan wibawa pak Ibul," ujar Tigor.

Baca Juga: Daftar Kegagalan Iwan Bule Selama Menjabat sebagai Ketum PSSI 2019-2023

"Kami marahnya para voters, itu Exco yang lama-lama mengkhianati Ibul, sekarang mau dikhianati pula, semua peserta kongres." imbuhnya.

Pemungutan suara ulang dilakukan, hasilnya pun mengejutkan Ratu Tisha comeback dengan menempati peringkat pertama lewat 54 suara.

Di posisi kedua ada Yunus Nusi dengan 53 suara dan 44 suara lainnya milik Menpora, Zainudin Amali yang sebelumnya memuncaki daftar ini.

Baca Juga: Momen Kewibawaan Iwan Bule Selamatkan Nama Calon Waketum PSSI dari Kecurangan, Ratu Tisha Akhirnya Terpilih

Drama tiga babak ini diakhiri keputusan Yunus Nusi mundur dari jabatan waketum dua PSSI, tak sampai satu jam setelah hasil pemgungutan suara kedua dilakukan.

Alhasil, Zainudin Amali terpilih sebagai Waketum dua PSSI yang bakal menemani Ratu Tisha sebaga Waketum pertama.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak