4 Prestasi Iwan Bule Selama Menjabat Ketum PSSI, Salah Satunya Datangkan Shin Tae-yong

Tak melulu buruk, inilah deretan prestasi Iwan Bule selama menjabat sebagai Ketum PSSI

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 17 Februari 2023 | 09:08 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia kontra Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). [PSSI]

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia kontra Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). [PSSI]

Gol.bolatimes.com - Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule sudah resmi melepas jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI usai Kongres Luar Biasa (KLB) digelar pada Kamis (16/2/2023).

Adalah Erick Thohir yang pada akhirnya terpilih menggantikan Iwan Bule untuk menjadi Ketua Umum PSSI baru melalui hasil voting dalam KLB yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Iwan Bule pun memberikan pujian setinggi langit kepada Erick Thohir yang dinilainya punya kapabilitas untuk menjadi orang nomor satu di PSSI.

Dalam masa jabatannya dari 2019 hingga 2023, pro dan kontra menghadiri perjalanan Iwan Bule memimpin federasi. Namun, ada sederet prestasi Iwan Bule selama menjabat sebagai Ketum PSSI.

1. Mendatangkan Shin Tae-yong

Seolah tak mau kalah dengan Ketum PSSI sebelum dirinya, Edy Rahmayadi, Iwan Bule juga membuat gebrakan dengan mendatangkan pelatih kelas dunia dalam diri Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong dikontrak untuk menangani Timnas Senior dan kelompok umur Indonesia. Shin datang dengan CV mentereng sebagai eks pelatih Timnas Korea Selatan yang berhasil mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018.

Di bawah arahan Shin Tae-yong permainan Timnas Indonesia di semua level disebut mengalami perkembangan yang signifikan. Meski pada akhirnya, Shin belum berhasil memberikan gelar juara.

2. Timnas Senior dan U-20 Lolos ke Piala Asia

Selama era jabatannya, Timnas Indonesia kembali lolos ke Piala Asia setelah terakhir kali mentas pada 2007 yang saat itu berstatus sebagai tuan rumah bersama.

Kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 ini terbilang istimewa karena diraih dengan susah payah. Ini bakal menjadi kali kelima Timnas Indonesia mentas di Piala Asia.

Selain Timnas Indonesia, Timnas U-20 juga berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2023. Lagi-lagi Shin Tae-yong punya peran besar meloloskan Garuda Nusantara ke ajang prestisius ini.

3. Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Di era kepemimpinan Iwan Bule pula Indonesia akhirnya bisa menjadi tuan rumah ajang yang bergengsi, yaitu Piala Dunia U-20 2023.

Ajang terbesar untuk kelompok usia U-20 ini rencananya bakal mulai berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Setidaknya ada enam stadion di Indonesia yang bakal dijadikan venue Piala Dunia U-20 2023.

4. Naturalisasi Berkualitas

Tidak seperti di era sebelum-sebelumnya di mana banyak pemain naturalisasi yang dianggap tak berkualitas, di era Iwan Bule banyak pemain naturalisasi berkualitas yang terwujud.

Tiga di antaranya ada Sandy Walsh, Jordi Amat, dan terbaru Shayne Pattynama. Hadirnya para pemain naturalisasi dengan kualitas kelas atas ini diharapkan dapat mendongkrak performa dan prestasi Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak