Dibantai Timnas Indonesia U-20, 3 Bukti Fiji Bukan Tim Sekelas Timor Leste

JDijebol Skuad Garuda Nusantara, Fiji beda dari Timor Leste.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 18 Februari 2023 | 19:00 WIB
Pemain Fuji U-20 Pawan Pratap Singh (kiri) saat lawan Timnas Indonesia U-20. (Instagram/@pssi)

Pemain Fuji U-20 Pawan Pratap Singh (kiri) saat lawan Timnas Indonesia U-20. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Terdapat tiga hal yang membuktikan Fiji bukan tim sekelas Timor Leste, meski baru saja dibantai oleh Timnas Indonesia U-20 dalam sebuah laga uji coba.

Timnas Indonesia U-20 baru saja memulai kampanyenya di turnamen mini melawan Fiji U-20 di SUGBK, Jumat (17/2) malam WIB kemarin.

Dalam laga itu, tim berjuluk Garuda Nusantara ini berhasil menggilan tamunya tersebut dengan skor meyakinkan, yakni dengan skor 4-0.

Kemenangan Timnas U-20 didapatkan lewat sumbangsih empat pemainnya, yakni Arkhan Fikri, Kakang Rudiyanto, Resa Aditya Nugraha, dan Hokky Caraka yang mampu menyumbangkan satu gol.

Kemenangan besar tersebut pun membuat Timnas U-20 mendapat apresiasi besar dari segenap pendukungnya dan pecinta sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, Fiji U-20 bukanlah lawan sembarangan, mengingat keberhasilan tim berjuluk Digicel Junior tersebut merupakan kontestan Piala Dunia U-20 2023 yang bakal digelar di Indonesia.

Malahan, kemenangan yang diraih Timnas U-20 pada laga tersebut membuat Fiji disebut-sebut sebagai tim sekelas Timor Leste.

Sebagai informasi, Timnas U-20 terhitung kerap membantai Timor Leste. Pada Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala AFF U-19 pada 2022 lalu, Garuda Nusantara mampu membekuk lawannya dengan skor masif.

Akan tetapi, Fiji U-20 tenyata bukanlah lawan sekelas Timor Leste meski dibantai Timnas U-20. Terlebih jika melihat bukti-bukti berikut ini.

1. Fiji Lolos Piala Dunia U-20

Fiji bukanlah tim sekelas Timor Leste jika mengacu pada keberhasilannya baru-baru ini, yakni lolos sebagai salah satu kontestan Piala Dunia U-20 2023.

Meski lolos karena berada di zona yang lebih mudah, yakni Oseania atau OFC, pencapaian Fiji U-20 tak bisa dipandang sebelah mata.

Sebab, Fiji U-20 mampu mengalahkan Selandia Baru U-20 yang tergolong tim kuat di zona tersebut untuk mengunci satu tempat di Piala Dunia U-20 2023.

2. Sepak Bola Fiji Lebih Maju

Sebagai sesama negara kecil, Fiji memiliki prestasi lebih mumpuni ketimbang Timor Leste di kancah sepak bola internasional.

Hal ini terbukti dari ranking Fiji di mata FIFA yang saat ini duduk di peringkat ke-163 dunia, atau hanya terpaut 13 posisi dari Timnas Indonesia.

Sedangkan Timor Leste masih terseok-seok di ranking FIFA, dengan menduduki peringkat ke-197 dari 211 negara yang menjadi anggota induk sepak bola dunia itu.

3. Prestasi di Level Internasional

Fiji pun punya prestasi mentereng di sepak bola internasional, baik di level kelompok umur maupun di tim seniornya sejauh ini.

Di level kelompok umur atau U-20, Fiji mampu menjuarai OFC U-19 Championship 2022 atau turnamen sekelas Piala Asia U-20 untuk kawasan Oseania.

Di tim senior, Fiji beberapa kali mampu membuat kejutan di ajang OFC Nations Cup dan bahkan menjuarai ajang South Pacific Games serta beberapa kali mengalahkan Australia yang dulunya bermain di zona tersebut.

Hal ini berbeda dengan Timor Leste yang kesulitan bersaing di kancah Asia atau bahkan di level Asia Tenggara, dan kerap menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak