Hasil Turnamen Mini: Unggul Pemain, Timnas Indonesia U-20 Tetap Kalah dari Guatemala 1-0

Pemain Guatemala banyak mengulur waktu selama pertandingan.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Selasa, 21 Februari 2023 | 22:04 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-20, Dzaky Asraf berebut bola dengan pemain Guatemala U-20 di turnamen mini internasional, Selasa (21/2/2023). (Twitter/@AmericaDeporte1)

Pemain Timnas Indonesia U-20, Dzaky Asraf berebut bola dengan pemain Guatemala U-20 di turnamen mini internasional, Selasa (21/2/2023). (Twitter/@AmericaDeporte1)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 tetap kalah dari Timnas Guatemala U-20, 1-0 meski unggul jumlah pemain di turnamen mini internasional Selasa (21/2/2023). Timnas Guatemala U-20 harus bermain dengan 10 orang setelah kehilangan satu beknya, Julio Garcia di menit ke-50.

Gol semata wayang di laga tersebut diciptakan oleh Jorge Solorzano di menit ke-22. Kekalahan skuad Garuda Nusantara merupakan kekalahan kedua setelah tumbang dari Selandia Baru U-20.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: 3 Pemain ASEAN yang Main di Liga Korea Selatan, Asnawi Mangkualam Punya Pesaing

Sejak awal babak pertama Indonesia U-20 tampil dengan tempo cepat. Hal itu pun diimbangi dengan kecepatan Timnas Guatemala U-20.

Namun Timnas Guatemala U-20 lebih banyak memberi tekanan ke pertahanan Indonesia. Kendati begitu, skuad asuhan Rafael Loredo belum dapat menggetarkan jala kiper yang dijaga oleh Daffa Fasya.

Terdapat kesalahan dari pemain Timnas Indonesia U-20 hingga akhirnya mereka kebobolan. Hal itu terjadi saat Arkhan Fikri salah kontrol bola dan direbut oleh Jorge Solorzano.

Baca Juga: Janji Cody Gakpo saat Hadapi Real Madrid di Liga Champions, Siap Tundukkan Tamunya di Leg Pertama

Mengetahui Daffa Fasya terlalu jauh dari posnya, Jorge langsung melepas tembakan jarak jauh yang tak mengarah langsung ke gawang. Daffa gagal menghalau bola hingga masuk ke gawang. Skor menjadi 1-0 untuk Guatemala.

Tertinggal 0-1 membuat Timnas Indonesia U-20 lebih berani melakukan tekanan. Kini, Garuda Nusantara banyak memberikan ancaman ke pertahanan Guatemala pada 15 menit akhir pertandingan babak pertama.

Timnas Indonesia U-20 terus berusaha menyamakan kedudukan. Namun, sampai dengan turun minum skor 1-0 untuk Guatemala tidak berubah.

Baca Juga: Media Vietnam Akui Asnawi Mangkualam Sebagai Bek Sayap Terbaik di ASEAN

Memasuki Babak kedua Timnas Indonesia U-20 lebih berani dalam melakukan serangan. Garuda Nusantara banyak mengancam pertahanan-pertahanan Guatemala, meski masih sulit dijadikan sebuah gol.

Timnas Indonesia U-20 mendapat keuntungan karena satu pemain Guatemala, Julio Garcia diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua pada menit ke-50.

Adapun Guatemala yang sudah unggul dan kalah jumlah pemain banyak mengulur-ngulur waktu bermain, terutama ketika terjadinya pelanggaran.

Meski begitu, Garuda Nusantara banyak memberikan tekanan terutama setelah unggul jumlah pemain. Dari segala penjuru pertahanan Guatemala ditekan terus-terusan.

Sulit bagi Timnas Indonesia U-20 membongkar pertahanan Guatemala meski unggul jumlah pemain. Dari berbagai percobaan ada beberapa peluang sebenarnya, namun tak bisa dijadikan gol.

Seperti saat Hokky Caraka mendapat peluang menciptakan gol pada menit ke-87. Hokky yang tak mendapat kawalan ketat, gagal mengeksekusi bola yang tepat ke arahnya.

Upaya terus dilakukan. Namun, sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan, skor 0-1 buat Guatemala tidak mengalami perubahan.

Guatemala U-20 sukses menjadi tim tak terkalahkan dalam laga uji coba di turnamen mini internasional. Mengalahkan Fiji dengan 3-1, Selandaia Baru 3-1 dan terakhir, Indonesia kalah 1-0.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20 vs Guatemala U-20:

Timnas Indonesia U-20 XI: Daffa Fasya; Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, Marcell Januar, Dony Tri; Achmad Maulana, Zanadin Faris, Arkhan Fikri, Muhammad Dzaki, Ginanjar Wahyu; Rabbani Tasnim.

Timnas Guatemala U-20 XI: Jorge Estuardo; Andi Julian, Figo Alexander, Jeshua Jessfeth, Julio Fernando; Mathius Anderson, Allan Javier, Daniel Alexander, Jorge Abelardo, Nestor Ariel; Jefry Leonardo.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak