Profil Dony Tri Pamungkas, Bek Kiri Timnas Indonesia U-20 yang Dipuji Punya Skill Ala Eropa

Dony Tri Pamungkas berhasil tampil memukau selama Turnamen Mini Internasional

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 22 Februari 2023 | 15:22 WIB
Bek kiri Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas. (dok. Persija)

Bek kiri Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas. (dok. Persija)

Gol.bolatimes.com - Pujian setinggi langit didapatkan oleh bek kiri Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, seusai laga melawna Guatemala U-20. Dia disebut seperti pemain bek kiri Eropa.

Kualitas Dony Tri Pamungkas yang dinilai seperti bek kiri ala Eropa ini disampaikan oleh salah satu komentator sepak bola kenamaan Indonesia, Hadi Gunawan.

Hadi Gunawan mengatakan, Dony Tri Pamungkas merupakan seorang bek kiri muda yang sangat langka di Indonesia. Sebab, sepanjang pengalamannya melihat sepak bola Indonesia, Dony adalah salah satu bek kiri yang punya kualitas luar biasa.

“Selama nonton bola nasional, jujur saja baru kali ini melihat bek kiri Indonesia bermain layaknya bek kiri Eropa, yakni Dony Tri Pamungkas,” tulis Hadi Gunawan via akun Twitter-nya, Selasa (21/2/2023).

Profil Dony Tri Pamungkas

Dony Tri Pamungkas merupakan pesepak bola muda yang lahir di Boyolali, Jawa Tengah, pada 11 Januari 2005. Usianya memang masih sangat muda, karena baru menginjak 18 tahun.

Sebagai informasi, Dony Tri Pamungkas merupakan pemain binaan sekolah sepak bola (SSB) Bina Taruna. Di klub ini, dia berlatih hingga tahun 2019.

Saat usianya baru menginjak 15 tahun, Dony Tri Pamungkas kemudian mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Persija Jakarta U-16. Setahun berselang, dia sukses naik level ke Persija U-18.

Pada musim 2021/2022, Dony Tri Pamungkas mendapatkan kontrak profesional pertamanya dari Persija Jakarta untuk bermain di Liga 1.

Pertandingan debutnya tercipta pada musim lalu, tepatnya ketika Persija Jakarta menjamu Persita Tangerang pada laga yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, 28 September 2021.

Salah satu titik balik dari karier Dony ialah ketika Timnas Indonesia U-20 tumbang 1-2 dari Persija Jakarta U-19 pada sebuah laga uji coba.

Ketika itu, Shin Tae-yong sangat terpukau dengan performa yang ditampilkan Dony. Dia pun memutuskan untuk memanggil pemain ini pada TC Timnas Indonesia U-20.

Adapun debut Dony bersama Timnas U-20 tercipta saat menghadapi Timor Leste U-20 pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berakhir dengan kemenangan 4-0.

Sementara itu, gol debut pemain berpostur 177 cm ini tercipta ketika Timnas Indonesia U-20 menahan imbang Turki U-20 pada laga uji coba yang berlangsung 28 Oktober 2022.

Performa yang ditampilkan Dony bersama Persija Jakarta di Liga 1 2022-2023 memang cukup luar biasa. Dari sembilan penampilan, dia sukses mencetak dua assist untuk Macan Kemayoran.

Sebagai informasi, Dony Tri Pamungkas merupakan adik laki-laki dari salah satu pesepak bola Indonesia, yakni Joko Sasongko.

Kakaknya itu memang sudah malang melintang bersama sejumlah klub sepak bola di Indonesia dan terakhir kali memperkuat Persebi Boyolali di Liga 3.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak