Intip Kerennya Tendangan Salto Marcin Oleksy hingga Didapuk sebagai Pemenang Puskas Award 2022

Marcin Oleksy merupakan pemain disabilitas. Ia mengalami kecelakaan kerja pada 2010 lalu.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Selasa, 28 Februari 2023 | 10:00 WIB
Pesepakbola amputasi, Marcin Oleksy saat menerima penghargaan Puskas Award 2022 berkat tendangan saltonya saat penganugerahan di Prancis, Selasa (28/2/2023). (Instagram/@airoleksy)

Pesepakbola amputasi, Marcin Oleksy saat menerima penghargaan Puskas Award 2022 berkat tendangan saltonya saat penganugerahan di Prancis, Selasa (28/2/2023). (Instagram/@airoleksy)

Gol.bolatimes.com - Nama Marcin Oleksy berhasil mengalahkan pemain bintang sepak bola seperti Dimitri Payet dan Richarlison. Marcin Oleksy yang merupakan pesepakbola amputasi ini memenangkan gelar Puskas Award 2022 yang dihelat di Prancis, Selasa (28/2/2023).

Bukan tanpa alasan Marcin Oleksy ini menyabet gelar itu. Sebab tendangan salto yang dia buat saat membela Warta Poznan menghadapi Stal Rzeszow menjadi sorotan dunia.

Pemain berdarah Polandia tersebut sebelumnya masuk dalam daftar shortlist. Ia juga menjadi pemain pertama yang masuk dalam nominasi tersebut dan juga pemain amputasi pertama yang menyandang gelar Puskas Award.

Baca Juga: Beda dengan Thomas Doll, Pelatih Irak U-20 Puji Langkah Shin Tae-yong Gelar TC Jangka Panjang Timnas Indonesia

Melansir dari Twitter @GOAL_ID, Selasa, Marcin melakukan tendangan salto yang sudah terukur matang. Mendapat sumbangan umpan dari rekan setimnya, Marcin dengan lihai membuat lompatan cantik untuk mengonversi bola menjadi gol.

Dalam video 17 detik itu, sang kiper juga gagal menahan bola mengingat kerennya tendangan yang dibuat pemain 35 tahun tersebut.

Baca Juga: 7 Alasan Timnas Indonesia Bisa Lolos di Fase Grup Piala Asia U-20, Tekad Bulat Pemain yang Jadi Semangat

Marcin Oleksy merupakan pemain disabilitas. Ia mengalami kecelakaan kerja pada 2010 lalu, sehingga harus dilakukan amputasi pada bagian kaki. Selanjutnya ia memutuskan untuk menekuni sepak bola yang juga merupakan hobinya.

Melansir dari laman resmi FIFA, Selasa, Marcin Oleksy mengaku terkejut jika dirinya masuk dalam nominasi Puskas Award 2022.

"Ponsel saya sampai panas karena bergetar begitu banyak notifikasi. Saya saja masih tak percaya masuk dalam daftar award itu," ujar dia.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Asuhan Indra Sjafri Dicuekin, Thailand dan Vietnam Diundang ke Doha Cup 2023

Ia juga cukup bahagia dengan ucapan selamat yang dia terima dari penyerang Barcelona, Robert Lewandowski yang juga pemain di Timnas Polandia.

"Senang sekali saya disebutkan oleh Robert. Menjadi salah satu nominasi pada penghargaan semalam sebuah keistimewaan dan saya bangga dengan ini," terang dia.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak