Piala Asia Mundur di Januari 2024, Akankah Timnas Indonesia Tampil Lebih Baik?

Timnas Indonesia dipastikan memiliki persiapan lebih panjang dengan mundurnya Piala Asia 2023 ke Januari 2024.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 01 Maret 2023 | 20:00 WIB
Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Gol.bolatimes.com - Memprediksi bagaimana penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 seiring kabar mundurnya ajang bergengsi itu ke awal tahun 2024.

Ajang Piala Asia 2023 yang rencananya digelar pada pertengahan tahun ini, dipastikan akan digelar pada tahun 2024 mendatang, tepatnya pada bulan Januari.

Hal ini dikonfirmasi oleh Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) selaku tuan rumah penyelenggaraan ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Motivasi Berkelas Nova Arianto ke Pemain Timnas Indonesia U-20 Jelang Lawan Irak

“Juara bertahan Piala Asia, Qatar, akan menjadi tuan rumah Piala Asia ketiganya pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024,” bunyi pernyataan tersebut dikutip dari kicauan akun @qatarliving.

Sebelum dipastikan digelar pada Januari 2024, Piala Asia 2023 sendiri sebelumnya dijadwalkan akan digelar pada Juni hingga Juli 2023.

Hal ini pun menjadi kabar buruk bagi setiap kontestan maupun klub-klub yang menaungi para pemain yang jadi andalan tim nasional masing-masing negara.

Baca Juga: Piala Asia Resmi Digulirkan pada 12 Januari 2024, Ini Kerugian yang Didapat Timnas Indonesia

Sebab, Qatar akan menggelar Piala Asia 2023 pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 atau saat kompetisi di level klub tengah berjalan.

Dengan fakta tersebut, tentu banyak negara kontestan ajang Piala Asia 2023 merasa dirugikan, termasuk Timnas Indonesia.

Dengan mundurnya ajang ini, bagaimana kans Timnas Indonesia? Akankah skuad Garuda bisa tampil baik seperti saat kualifikasi atau FIFA Matchday?

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: PSM Makassar Kokoh di Puncak usai Hajar Dewa United

Bakal Hancur Lebur?

Sebagaimana diketahui, untuk lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia melakoni babak kualifikasi dengan performa apik.

Melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal, Timnas Indonesia mampu lolos dengan status Runner Up grup dan berhasil menjadi salah satu tim produktif di babak kualifikasi.

Baca Juga: 3 Pemain Manchester United yang Diprediksi Dibuang Erik Ten Hag, Ada Kapten Tim

Penampilan apik ini juga dibarengi performa menawan di FIFA Matchday pada 2022 lalu, kala mengalahkan Curacao, tim peringkat 86 FIFA, dalam dua pertandingan.

Bisa dikatakan performa tersebut merupakan performa terbaik Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir sejak ditangani Shin Tae-yong.

Namun, Timnas Indonesia diyakini kesulitan mereplika performa apik sepanjang 2022 itu pada Piala Asia 2023 yang digelar pada Januari 2024.

Salah satu alasannya adalah Shin Tae-yong. Ada kemungkinan pelatih asal Korea Selatan itu tak lagi memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 pada Januari 2024 nanti.

Pasalnya, kontrak pelatih berusia 52 tahun itu akan habis pada Desember 2023. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda perpanjangan kontrak untuk Shin Tae-yong.

Adanya kemungkinan perginya Shin Tae-yong juga dibarengi dengan fakta bahwa Piala Asia 2023 akan digelar di tengah-tengah kompetisi level klub berlangsung pada Januari 2024 mendatang.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia selalu mengandalkan pemusatan latihan (TC) jangka panjang untuk mengikuti sebuah turnamen.

Dengan kondisi ini, Timnas Indonesia akan kesulitan menggelar pemusatan latihan tersebut karena pihak klub akan enggan melepas pemainnya di tengah kompetisi untuk TC jangka panjang.

Dua faktor ini bisa menjadi pengganjal Timnas Indonesia tampil maksimal, alih-alih tampil baik di Piala Asia 2023 pada Januari 2024 mendatang.

Sehingga tak akan mengejutkan jika nantinya langkah Timnas Indonesia terhenti di fase grup, dan gagal mencetak sejarah lolos ke babak gugur untuk pertama kalinya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak