Piala Asia U-20 bukan Tujuan Utama, Dirtek PSSI Harapkan Pemain Keturunan Bisa Merapat saat Piala Dunia U-20

Piala Asia U-20 jadi ajang untuk menambah kualitas pemain saat betarung di Piala Dunia U-20.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Jum'at, 03 Maret 2023 | 13:15 WIB
Indra Sjafri memimpin jalannya pemusatan latihan Timnas U-22 di Lapangan A, kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/3/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp)

Indra Sjafri memimpin jalannya pemusatan latihan Timnas U-22 di Lapangan A, kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/3/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp)

Gol.bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri berharap pemain keturunan yang dalam proses naturalisasi bisa segera bergabung dengan skuad Garuda Nusantara.

Ia memproyeksikan pemain seperti Ivar Jenner, Rafael Struick dan juga Justin Hubner sudah menjadi WNI untuk dipersiapkan di Piala Dunia U-20.

Indra Sjafri mengemukakan bahwa memang di Piala Asia U-20 ini pemain muda Indonesia diminta lebih banyak belajar saat bertemu dengan tim-tim besar kelas Asia. Sehingga mental mereka cukup kuat saat menghadapi lawan di Piala Dunia U-20 yang bergulir pada Mei 2023 mendatang.

Baca Juga: Usai Kalah Lawan Irak U-20, Gelandang Timnas Indonesia U-20 Enggan Salahkan Cuaca Ekstrem

Pria yang juga menjabat sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-23 ini tak menampik bahwa sebelum keberangkatan skuad Garuda Nusantara di bawah asuhan Shin Tae-yong, mereka berbicara banyak terkait turnamen tersebut.

"Saya tidak melihat soal hasilnya bagaimana. Sebelum mereka berangkat saya berdiskusi dengan Shin Tae-yong. Kita ingin melihat sejauh mana kualitas pemain muda ini," terang Indra Sjafri dikutip dari Antara, Jumat (3/3/2023).

Ia paham bahwa hasil tak membahagiakan akan diterima skuad Garuda Nusantara saat turnamen Piala Asia U-20. Kendati begitu dirinya berharap semua pemain bisa bergabung setelah Piala Asia U-20 usai.

Baca Juga: 3 Syarat yang Dibutuhkan Timnas Indonesia U-20 untuk Menjegal Suriah U-20

"Harapannya skuad penuh usai Piala Asia U-20 sudah ada. Termasuk juga pemain-pemain keturunan nanti sudah selesai naturalisasi," harap dia.

Sejauh ini PSSI masih berupaya menyelesaikan proses naturalisasi ketiga pemain U-20 yang berada di Belanda dan juga di Inggris. Nama Rafael Struick, Justin Hubner dan Ivar Jenner dalam upaya penyelesaian berkas untuk sampai di DPR RI.

Shin Tae-yong sendiri menyebutkan bahwa timnya tidak dalam komposisi yang dia inginkan saat berangkat ke Uzbekistan. Nama Marselino Ferdinan belum diizinkan bergabung dari klubnya karena butuh penyesuaian dengan KMSK Deinze.

Baca Juga: Brandon Scheunemann Sudah Bergabung dengan Timnas Indonesia di Uzbekistan, Hugo Samir Berikan Sambutan Kocak

Lebih lanjut, Indonesia dalam kondisi terpuruk setelah kekalahannya 2-0 dari Irak pada Piala Asia U-20.

Skuad Garuda Nusantara tak bisa berkutik meskipun menghadapi 10 pemain Irak. Serangan-serangan yang dilakukan mampu dipatahkan dan tak mampu menyamakan kedudukan hingga akhir pertandingan.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak