Batal Bela Indonesia, Pemain Keturunan Ini Dipanggil Timnas Belanda U-21 untuk Piala Eropa 2023

Ini sosok pemain keturunan yang dipanggil Timnas Belanda U-21.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 04 Maret 2023 | 20:14 WIB
Mees Hilgers debut dengan timnas Belanda U-21. (Instagram/fctwente)

Mees Hilgers debut dengan timnas Belanda U-21. (Instagram/fctwente)

Gol.bolatimes.com - Salah satu pemain keturunan Indonesia mendapat pemanggilan ke Timnas Belanda U-21 guna persiapan melakoni Euro U-21 atau Piala Eropa U-21 pada tahun 2023 ini. Siapakah dia?

Dalam beberapa hari belakangan ini, kabar pemain keturunan Indonesia terus menjadi perbincangan para pecinta sepak bola Tanah Air.

Hal ini tak lepas dari performa Timnas Indonesia U-20 yang angin-anginan di Piala Asia U-20 2023. Banyak anggapan bahwa performa ini tak lepas karena absennya para pemain keturunan dari Belanda.

Baca Juga: Momen Gol Cantik Hokky Caraka Bawa Unggul Timnas Indonesia U-20 dari Suriah U-20

Tak hanya itu, kabar pemain keturunan berlanjut dengan pemanggilan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20 untuk melakoni laga uji coba melawan Prancis pada 25 Maret mendatang.

Kabar pemanggilan Justin Hubner ini pun menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Sebab, dirinya tengah menjalani proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Nyatanya tak Cuma Justin Hubner saja. Ada tiga pemain keturunan Indonesia lainnya yang dipanggil ke Timnas Belanda U-20, seperti Tristan Gooijer, Jenson Seelt, dan Miliano Jonathans.

Baca Juga: Profil Radamel Falcao, Diisukan Gabung ke Klub Jordi Amat di Malaysia

Belum rampung kabar mengenai pemain keturunan dipanggil ke Timnas Belanda U-20, kini publik Tanah Air kembali diterpa dengan kabar salah satu pemain keturunannya yang dipanggil ke tim U-21 De Oranje.

Tak tanggung-tanggung, pemain keturunan ini dipanggil ke Timnas Belanda U-21 untuk melakoni Piala Eropa U-21 2023 atau Euro U-21 pada tahun ini.

Siapakah pemain yang dimaksud tersebut?

Baca Juga: Profil Melvin Rumere, Pemain Asal Papua yang Gabung Klub Liga 2 Selandia Baru

Pemain Keturunan yang Hampir Bela Indonesia

Pemain keturunan yang dipanggil untuk membela Timnas Belanda U-21 di ajang Euro U-21 2023 adalah Mees Hilgers yang membela FC Twente.

Kabar pemanggilan Mees Hilgers ini diketahui dari cuitan akun Timnas Belanda di media sosial Twitter, di mana ia masuk dalam daftar sementara yang berisikan 26 pemain.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Diprediksi Bobol Gawang Suriah

Dalam daftar tersebut, pemain berusia 21 tahun tersebut akan membela Timnas Belanda U-21 bersama nama-nama beken seperti Ian Maatsen dari Chelsea dan Crysencio Summerville dari Leeds United.

Dilansir dari laman Football Oranje, Mees Hilgers dan Timnas Belanda U-21 akan melakoni dua pertandingan pada Maret ini, tepatnya pada tanggal 25 dan 27 Maret.

(http://www.football-oranje. com/provisional-netherlands- u21-squad-contains-two-new- names/)

Timnas Belanda U-21 dijadwalkan akan menghadapi Norwegia U-21 dan Republik Ceko U-21 sebagai persiapan menuju ajang Euro U-21 2023.

Sebagai informasi, Euro U-21 2023 sendiri akan digelar pada pertengahan tahun ini, tepatnya pada 21 Juni hingga 8 Juli 2023 di Rumania dan Georgia.

Belanda sendiri berhasil lolos sebagai juara grup di babak kualifikasi dengan status tak terkalahkan dalam 10 pertandingan di kualifikasi.

Mees Hilgers sendiri diketahui tak berpartisipasi di babak kualifikasi Euro U-21 tersebut. Meski begitu, ia punya peluang besar terpilih sebagai salah satu pemain yang dibawa pelatih Erwin van de Looi ke Euro U-21 2023.

Hal ini lantaran dirinya sudah mendapat kepercayaan tampil di Timnas Belanda U-21 pada September 2022 lalu di sebuah laga persahabatan kontra Belgia U-21.

Selain itu, Mees Hilgers juga tercatat menjadi pemain inti dari FC Twente musim ini. Pemain berdarah Manado ini telah tampil sebanyak 27 kali musim ini bagi timnya.

Sebagai catatan, Mees Hilgers sendiri sejatinya sempat hampir membela Timnas Indonesia, seiring adanya keinginannya berseragam Merah Putih.

Namun proses naturalisasinya harus menemui jalan buntu. Mulanya, rumor menyebutkan bahwa proses naturalisasinya terbentur restu orang tua.

Akan tetapi, sesudahnya Mees Hilgers buka suara dan menyebut bahwa dirinya belum siap untuk dinaturalisasi karena usianya masih muda dan ingin mengembangkan potensi yang ia miliki.

Sehingga, Mees Hilgers pun tak menutup kemungkinan baginya untuk berseragam Merah Putih di level internasional di lain waktu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak