Penjelasan Mengapa Justin Hubner Dipanggil Timnas Belanda meski Sudah Proses Naturalisasi

Meski sedang menjalani proses naturalisasi, Justin Hubner justru dapat panggilan Timnas Belanda U-20.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 04 Maret 2023 | 22:30 WIB
Momen Ronaldo Kwateh ledek Justin Hubner. (YouTube/PSSI TV)

Momen Ronaldo Kwateh ledek Justin Hubner. (YouTube/PSSI TV)

Gol.bolatimes.com - Justin Hubner mendapat panggilan membela Timnas Belanda U-20 meski proses naturalisasinya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sudah berjalan. Kenapa demikian?

Kabar pemanggilan pemain keturunan tersebut diketahui dari rilis resmi yang dipublikasikan oleh Ons Oranje atau Timnas Belanda.

Dalam laman resminya, Ons Oranje menyebutkan bahwa sang pelatih, Martijn Reuser, telah memanggil 35 pemain untuk melakoni laga persahabatan.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U-20: Hokky Carakan Cetak Gol Cantik, Timnas Indonesia U-20 Taklukkan Suriah 1-0

Laga persahabatan atau uji coba itu sendiri akan berlangsung pada 25 Maret 2023, yakni dengan melawan Prancis di Marbella, Spanyol.

(https://www.onsoranje.nl/ nieuws/jeugd-mannen- beloftenelftal/80668/oranje- onder-20-oefent-tegen- frankrijk)

Dalam daftar 35 nama pemain tersebut, ada nama Justin Hubner bersama beberapa pemain keturunan lainnya yang juga dipanggil.

Baca Juga: Deretan Pemain Keturunan Dipanggil Timnas Belanda U-20, Ada Justin Hubner

Pemanggilan bek berusia 19 tahun itu pun lantas menuai kontroversi. Pasalnya, penggawa Wolverhampton Wanderers itu dikabarkan sudah menjalani proses naturalisasi menjadi WNI.

Sebagai informasi, Justin Hubner menjadi salah satu pemain yang dinaturalisasi oleh PSSI sesuai permintaan Shin Tae-yong guna membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Bahkan Justin Hubner sendiri telah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Spanyol, di mana ia langsung menjadi andalan Shin Tae-yong di lini belakang.

Baca Juga: Batal Bela Indonesia, Pemain Keturunan Ini Dipanggil Timnas Belanda U-21 untuk Piala Eropa 2023

Namun pemanggilan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20 membuat publik bertanya-tanya. Mengapa dirinya masih dipanggil kendati tengah menjalani proses naturalisasi menjadi WNI?

Naturalisasi Belum Tuntas

Meski sudah berlatih bersama Timnas Indonesia U-20 dan tengah menjalani proses naturalisasi, Justin Hubner sejatinya masih bisa untuk membela Timnas Belanda U-20.

Baca Juga: Momen Gol Cantik Hokky Caraka Bawa Unggul Timnas Indonesia U-20 dari Suriah U-20

Pasalnya, pemain keturunan Makassar dan Bandung dari kakek dan neneknya ini, belum sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Ia belum sah menjadi WNI karena proses naturalisasinya belum tuntas. Kabar terakhir menyebutkan, berkas naturalisasinya masih ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Meski berkas telah masuk ke ranah DPR, proses naturalisasi Justin Hubner pun akan melewati beberapa tahapan lagi yang akan memakan waktu panjang hingga nantinya ia resmi menjadi WNI.

Dengan kondisi tersebut, Belanda pun berhak memanggilnya untuk membela tim U-20 mereka. Pasalnya, Justin Hubner hingga detik ini masih berstatus warga negara Belanda.

Apalagi berkaca pada kiprah Justin Hubner yang sebelumnya pernah membela Timnas Belanda U-19 sebelumnya sejak 2021 lalu.

Meski demikian, publik Tanah Air tampaknya tak perlu panik terkait status Justin Hubner. Pasalnya, ia bisa saja tak membela Timnas Belanda U-20 di laga uji coba melawan Prancis.

Sebab, Justin Hubner belum tentu masuk skuad Timnas Belanda U-20, mengingat Martijn Reuser masih akan menyeleksi 35 pemain yang dipanggilnya itu dan mengumumkan skuadnya untuk uji coba pada 17 Maret mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak