Duel Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan, Shin Tae-yong Dapat Tugas Berat

Lawan Uzbekistan jadi 'tugas berat' untuk Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 06 Maret 2023 | 09:47 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong diklaim mendapat tugas tak mudah lantaran harus menghadapi Uzbekistan di laga pamungkas grup A Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 saat ini menempati peringkat ketiga klasemen Grup A Piala Asia U-20 setelah menang lawan Suriah di laga sebelumnya. Garuda Nusantara membuntunti Irak yang memiliki poin yang sama namun unggul selisih gol.

Sementara Uzbekistan U-20 merajai klasemen dengan koleksi enam poin berkat kemenangan dari dua laga fase grup ketika menjamu Suriah dan Irak.

Baca Juga: Pedas! Roy Keane Sebut Kelakuan Pemain Manchester United seperti Sampah

Pertandingan Timnas Indonesia U-20 vs Suriah diprediksi berlangsung seru lantaran kedua tim sama-sama mengincar tiket ke perempat final Namun, Shin Tae-yong disebut mendapat tugas berat pada pertandingan nanti.

Menyadur Antara, selain diuntungkan dengan faktor menjadi tuan rumah, Uzbekistan sejauh ini tampil bagus di fase grup dengan memukul Suriah 2-0, serta menaklukkan Irak dengan skor 1-0.

Uzbekistan juga tampil mentereng saat berpartisipasi pada kualifikasi Piala Asia U-20. Meski poin mereka tidak diperhitungkan, namun anak-anak asuh pelatih Timur Kapadze memenangi semua pertandingan yang mereka ikuti di Grup A.

Baca Juga: Manchester United Dilumat 0-7, Bruno Fernandes dan Luke Shaw Jadi Pemain dengan Rating Terburuk

Uzbekistan berhasil memukul Maladewa 7-0, menang 3-0 atas Myanmar, menang 2-1 atas Arab Saudi, dan menang 2-1 atas China. Dengan total koleksi 14 gol dan hanya kemasukan dua kali selama berpartisipasi di fase grup tersebut.

Secara sejarah, prestasi terbaik Uzbekistan pada gelaran Piala Asia U-19, sebelum berubah menjadi Piala Asia U-20, adalah menjadi runner up pada 2008.

Setelah itu pada keikutsertaan setelahnya, selain pada 2018 ketika mereka tidak lolos putaran final, Uzbekistan selalu berhasil lolos fase grup dan mencapai perempat final atau semifinal.

Baca Juga: Salam 7-0 Trending Pasca Kekalahan Memalukan Manchester United

Di sisi lain, Timnas Indonesia u-20 kerap mengalami kesulitan saat bertemu Uzbekistan. Pertemuan terakhir di level senior adalah pada PSSI Anniversary Cup 2018 silam, ketika itu Timnas Indonesia U-23 ditahan imbang tanpa gol oleh Uzbekistan pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Pakansari, Bogor.

Sedangkan pada Piala Asia U-19 2014, Timnas Indonesia dihajar 1-3 oleh Uzbekistan pada fase grup. Pada kategori lebih junior, yakni Piala Asia U-16 2010 yang digelar di Uzbekistan, tuan rumah menang 3-0 atas Indonesia, juga di fase grup.

Duel Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan di laga pamungkas grup Piala Asia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa (7/3/2023) malam WIB.

Baca Juga: Hasil Liga Spanyol: Main 10 Orang, Barcelona Menang Tipis Atas Valencia 1-0

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak