Menang Lawan Uzbekistan Tak Jamin Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-20, Ini Alasannya

Hal itu menyusul dengan satu kekalahan skuad Garuda Nusantara dari Irak U-20 sebelumnya.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Senin, 06 Maret 2023 | 14:50 WIB
Kakang Rudianto berhadapan dengan pemain Timnas Irak U-20 saat melakoni laga perdana Piala Asia U-20 di Lokomotiv Stadium, Rabu (2/3/2023). (PSSI)

Kakang Rudianto berhadapan dengan pemain Timnas Irak U-20 saat melakoni laga perdana Piala Asia U-20 di Lokomotiv Stadium, Rabu (2/3/2023). (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 tak bisa duduk tenang meski nantinya berhasil mengalahkan Uzbekistan U-20 di laga terakhir fase Grup A Piala Asia U-20, Selasa (7/3/2023).

Hal itu menyusul dengan satu kekalahan skuad Garuda Nusantara dari Irak U-20 sebelumnya. Hal itu juga berkaitan dengan poin yang di raih Arkhan Fikri dkk.

Sebelumnya, Indonesia U-20 berhasil mengantongi 3 poin setelah kemenangannya melawan Suriah U-20, 4 Maret 2023. Namun Indonesia harus takluk ketika menghadapi Irak U-20.

Baca Juga: Pemain Naturalisasi Bersuara: Kalau Main di Timnas Kita Orang Indonesia, Main di Liga Kita Naturalisasi

Meski begitu, peluang anak asuh Shin Tae-yong lolos ke perempat final masih terbuka lebar. Karena masih berpeluang lolos, skuad Garuda Nusantara juga berpeluang terhenti sampai di fase grup saja.

Pasalnya menghadapi Uzbekistan tak akan mudah. Hal itu berkaitan dengan kekuatan tuan rumah yang mampu membungkam Irak U-20 dengan skor 1-0. Meski diganjar kartu merah Uzbekistan tetap menang.

Namun tak menutup kemungkinan Indonesia bisa menang dari tuan rumah yang pincang karena tidak dalam full team setelah satu pemainnya diganjar kartu merah.

Baca Juga: Gara-gara Aturan Baru, Persib Bandung Terancam Harus Lepas Victor Igbonefo dan Ezra Walian

Hasil kemenangan merupakan satu harapan masing-masing penggawa Garuda Nusantara. Jika hal itu benar terjadi, Indonesia tak langsung lolos ke perempat final.

Hasil pertandingan Grup A yang lain, yakni Timnas Irak U-20 vs Timnas Suriah U-20 juga menentukan apakah Indonesia berhal lolos ke perempat final.

Jika saja dalam prediksi, Timnas Irak U-20 kalah dari Suriah. Sementara Indonesia menang, Timnas Irak U-20 tergusur dari peringkat kedua klasemen Grup A dan gagal melaju ke perempat final.

Baca Juga: Penjelasan Aturan Baru Regulasi Pemain Asing di Liga 1 Musim Depan

Namun ketika Irak U-20 menang dari Suriah, Indonesia masih bisa lolos ke perempat final. Bukan tanpa sebab, kartu merah yang dikoleksi Irak bisa menjadi petaka bagi mereka.

Dalam aturan dan regulasi peringkat klasemen akhir grup, jumlah pelanggaran berupa kartu kuning dan kartu merah masuk dalam penghitungan.

Begitu pun Uzbekistan yang juga mengantongi satu kartu merah. Dua tim ini juga tak bisa tenang di matchday ketiga besok Selasa.

Sebelum berbicara keuntungan Indonesia U-20 terhadap kartu merah kedua rivalnya di Grup A, kemenangan adalah hasil terakhir yang bisa menentukan skuad Garuda Nusantara lolos ke perempatfinal.

Di sisi lain, jumlah gol juga menentukan kemenangan Indonesia atas Uzbekistan nanti. Minimal, Indonesia U-20 harus membuat dua gol, tanpa kebobolan dari tim lawan.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak