Pertahanan Indonesia U-20 Diapresiasi Tanpa Kebobolan hadapi Uzbekistan, Shin Tae-yong Ternyata Punya Jurus Jitu Ini

Indonesia dipastikan gagal melaju ke perempat final Piala Asia U-20.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Rabu, 08 Maret 2023 | 14:12 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Gol.bolatimes.com - Pertandingan antara Uzbekistan vs Indonesia di Piala Asia U-20, berakhir dengan hasil imbang 0-0. Laga pamungkas Grup A yang dihelat di Stadion Istiqlol, Uzbekistan, Selasa (8/3/2023) itu mengunci tiket untuk Uzbekistan melaju ke perempat final Piala Asia U-20.

Indonesia yang berhasil menahan imbang meski digempur habis-habisan oleh tim tuan rumah mendapat apresiasi. Ternyata Shin Tae-yong sudah menyiapkan jurus jitu yang harus dilakukan anak asuhnya dan membuat frustasi lawan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 harus mengubur mimpinya untuk melangkah lebih jauh di Piala Asia U-20 setelah bermain imbang 0-0 dengan Uzbekistan. Indonesia tersingkir di fase grup karena kalah selisih gol dari Irak U-20.

Baca Juga: Kapten Vietnam U-20 Curhat Dirugikan Wasit usai Tersingkir Dramatis dari Piala Asia U-20 2023

Pertandingan dua tim kuat itu cukup menarik. Pasalnya, skuad Garuda Nusantara berkali-kali diserang tuan rumah, namun pertahanan mereka cukup kokoh. Bahkan kiper Daffa Fasya mampu melakukan penyelamatan sampai empat kali.

Kuatnya pertahanan Muhammad Ferarri dkk bukan tanpa sebab. pasalnya, Shin Tae-yong sendiri memiliki jurus yang diminta untuk diterapkan anak asuhnya selama pertandingan.

"Hasil memang tidak memuaskan, kami bermain baik. Dan tentu apa yang dimau pelatih kita terapkan selama pertandingan termasuk defend. Sehingga kami tidak kebobolan di laga ini," terang Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri dikutip dari Antara, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Hugo Samir Jadi Penyelamat Timnas Indonesia U-20 ke Perempat Final Piala Asia?

Lebih lanjut, para pemain mendapat motivasi besar dari Shin Tae-yong termasuk manajer pelatih Timnas Indonesia U-20 sebelum laga. Pasalnya fisik pemain tuan rumah lebih besar dan jadi kesulitan bagi pemain-pemain Indonesia.

"Kalau dari segi fisik kami kalah. Tapi tak ada yang tidak mungkin di sepak bola. Pemain Timnas U-20 ini cepat dan itu yang menjadi modal kami mengungguli mereka," terang Ferarri.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 harus kebobolan dua gol di laga perdananya saat hadapi Irak U-20. Hokky Caraka dkk, akhirnya bangkit dan berhasil menang di laga keduanya menghadapi Suriah U-20.

Baca Juga: Susul ke Uzbekistan, Pemain Keturunan Jerman Ini Tak Diberi Kesempatan Tampil Shin Tae-yong

Harapan besar untuk menciptakan satu gol saat bersua Uzbekistan memang jadi ujian sulit. Indonesia tak mampu membuat satu gol, namun juga berhasil membuat tuan rumah tak mampu meraih kemenangan ketiganya di Grup A.

Indonesia dipastikan gagal melaju ke perempat final. Shin Tae-yong sudah menyuruh anak asuhnya kembali ke klub dan beristirahat dengan cukup.

Selanjutnya, mereka akan kembali dipanggil yang diprediksi pada awal April. Skuad Garuda Nusantara masih memiliki agenda penting untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang dihelat di Indonesia pada Mei hingga Juni 2023.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak