Sebelum FIFA Coret Salah Satu Stadion untuk Piala Dunia U-20, Ketum PSSI bakal Tinjau Kesiapan Venue, Ini Jadwalnya

Pasalnya hak itu berada di tangan FIFA yang memiliki aturan stadion mana saja yang layak digunakan atau tidak dalam turnamen tersebut.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Jum'at, 10 Maret 2023 | 16:47 WIB
Potret udara Stadion Manahan Solo, Surakarta, Jawa Tengah. (Instagram/@stadion.manahan.solo)

Potret udara Stadion Manahan Solo, Surakarta, Jawa Tengah. (Instagram/@stadion.manahan.solo)

Gol.bolatimes.com - FIFA akan melakukan sidak ke sejumlah stadion yang ada di Indonesia. Hal itu dipersiapkan untuk venue gelaran Piala Dunia U-20.

Sebelum adanya sidak, Ketum PSSI, Erick Thohir akan melakukan peninjauan di setiap stadion tempat gelaran Piala Dunia U-20 digelar.

Waketum PSSI, Zainudin Amali mengatakan Erick Thohir akan berkunjung, baik ke Solo, Surabaya dan juga Bali.

Baca Juga: Tersingkir Menyakitkan di Piala Asia U-20 2023, Vietnam Bisa Bikin Timnas Indonesia Ketar-ketir

"Jadi hari Sabtu, Minggu dan Senin, Ketum PSSI akan keliling ke tempat yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20. Jadi ditinjau dulu sebelum FIFA datang lagi tanggal 21 [Maret]," kata Zainudin Amali dikutip dari Suara.com, Jumat (10/3/2023).

Dalam peninjauannya nanti, Erick ingin memastikan bahwa kondisi stadion memang sudah cukup layak digunakan dalam ajang bergengsi dunia itu.

Jika pun salah satu stadion harus dicoret oleh FIFA, menyusul dengan prediksi Erick Thohir terkait pencoretan stadion Piala Dunia U-20, Zainudin menerima apa adanya.

Baca Juga: Daftar Pemain Garuda Select Jilid Kelima, Cocok Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia U-20

Pasalnya hak itu berada di tangan FIFA yang memiliki aturan stadion mana saja yang layak digunakan atau tidak dalam turnamen tersebut.

Terdapat enam stadion yang telah disiapkan untuk gelaran Piala Duna U-20, di antaranya, Stadion Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), SUGBK (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Kapten I Wayan Dipta (Bali) dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Maka dari itu, Zainudin Amali meminta bahwa pihak pengelola stadion bisa bekerjasama dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Hal itu menyusul dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah turnaemn tersebut.

Baca Juga: Deretan Talenta Berbakat Indonesia yang Meredup di Usia Muda, Nomor 1 Paling Disorot

"Kita kan sudah siapkan enam stadion. Tapi akhirnya FIFA kan beda, itu juga sudah disampaikan Ketum bahwa itu [pencoretan] bukan hal yang tidak mungkin, karena sudah pernah kejadian," ungkap dia.

Untuk diketahui, Piala Dunia U-20 akan digelar mulai 20 Mei - 11 Juni 2023. Terdapat 24 tim dari negara di dunia yang lolos dan sudah mengunci tiket di ajang bergengsi itu.

Terdapat 20 negara yang sudah lolos ke Piala Dunia U-20, diantaranya, Indonesia sebagai tuan rumah. Timnas Brasil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Inggris, Israel, Prancis. Slovakia dan Italia.

Berlanjut lagi dari Timnas Amerika Serikat, Republik Dominika, Guatemala, Honduras. Lalu dari wilayah Oseania yakni, Timnas Fiji dan juga Selandia Baru sudah lolos ke Piala Dunia U-20.

Saat ini tinggal menunggu empat wakil Asia yang tengah bertarung di Piala Asia U-20 untuk merebut tiket masuk di semifinalnya nanti.

Saat ini Piala Asia U-20 berada di fase perempat final. Tim yang bertarung antara lain, Jepang, Iran, Irak, Uzbekistan, Yordania, Australia, Korea Selatan dan China.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak