Papat Yunisal Beri Apresiasi FIFA Perhatian kepada Sepak Bola Wanita Indonesia

"Sepak bola wanita memang butuh perhatian khusus, karena dalam proses pengembangan. FIFA juga memang sudah lama ingin para membernya untuk memperhatikan sepak bola wanita,"

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Selasa, 14 Maret 2023 | 14:38 WIB
Perwakilan FIFA Simon Toselli dan Papat Yunisal (kanan) (pssi.org)

Perwakilan FIFA Simon Toselli dan Papat Yunisal (kanan) (pssi.org)

Gol.bolatimes.com - Induk sepak bola dunia, FIFA memberikan perhatian khusus kepada perkembangan sepak bola wanita Indonesia. FIFA diwakili oleh Simon Toselli datang mengunjungi kantor PSSI membicarakan soal sepak bola wanita Indonesia.

Kehadiran Simon yang merupakan perwakilan FIFA Women’s Football Expert disambut baik oleh mantan pemain timnas Indonesia wanita, Papat Yunisal.

"Saya menyambut baik kedatangan Simon berkunjung ke PSSI, sebab sepak bola wanita memang butuh perhatian khusus, karena dalam proses pengembangan. FIFA juga memang sudah lama ingin para membernya untuk memperhatikan sepak bola wanita yang sedang digalakkan diseluruh dunia yang menjadi negara anggota FIFA," kata Papat Yunisal seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Penampakan Poster Resmi Piala Dunia Wanita 2023, Usung Tema Beyond Greatness

"Bukan hanya itu, mereka juga nantinya akan siap selalu membantu kami apapun yang kami butuhkan, untuk mengembangkan sepak bola wanita di Indonesia. Kami juga tadi memaparkan apa saja program-program yang sudah, sedang dan akan berjalan," tambahnya.

Simon datang ke kantor PSSI untuk menjelaskan mengenai delapan program penting yang FIFA bawa untuk membantu negara anggotanya dalam mengembangkan sepak bola wanita.

Delapan program itu adalah membantu meningkatkan sepak bola wanita, pengembangan kompetisi, kampanye sepak bola wanita, club lisensing sepak bola wanita, peningkatan kapasitas administrasi untuk sepak bola wanita, kursus pelatih sepak bola wanita, coach mentorship, dan leadership.

Baca Juga: Jadwal Timnas Wanita U-20 di Babak Pertama Kualifikasi Piala Asia Wanita U-20, Lawan Vietnam di Laga Perdana

"Dari delapan program itu kami menawarkan semua bantuan yang dibutuhkan oleh federasi negara anggota FIFA untuk membangun mengembangkan sepak bola wanita di negaranya, termasuk Indonesia. Bantuan itu tidak hanya dalam bentuk materiil (dana dan perlengkapan sepak bola) tapi juga non materiil, seperti tenaga pendidik (seperti pelatih sepak bola wanita yang berpengalaman dan semua ahli-ahli dalam bidangnya) dan lain sebagainya. Apapun itu, ajukan saja ke kami, jika sesuai, tentu kami akan bantu sepenuhnya," jelas Simon.

"Saya pikir fantastis, Indonesia dari dahulu sudah memikirkan mengenai ini (sepak bola wanita). Dengan adanya program-program yang sudah berjalan dengan baik, seperti liga, turnamen, festival, pelatih, wasit dan pengembangan atlit sepak bola mulai dari akar rumput, saya rasa mudah saja bagi FIFA untuk membantu Indonesia mengembangkannya. Karena disitu ada potensi yang besar," sambungnya.

Baca Juga: Timnas Wanita Indonesia Duel Lawan Arab Saudi, Ini Jadwalnya

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak