Statistik Witan Sulaeman, Lagi Loyo di Persija Jakarta tapi Tetap Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Meski secara data menunjukkan Witan Sulaeman begitu buruk sejak bergabung Persija Jakarta, Shin Tae-yong tetap memanggilnya ke Timnas Indonesia untuk melawan Burundi

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 15 Maret 2023 | 11:30 WIB
Witan Sulaeman debut bersama Persija Jakarta. (Instagram/persija)

Witan Sulaeman debut bersama Persija Jakarta. (Instagram/persija)

Gol.bolatimes.com - Entah bagaimana cara dan jalannya, Witan Sulaeman selalu dipertemukan jalan untuk membela Timnas Indonesia. Kendati performanya sedang merosot, ia selalu mendapat tempat di Timnas Indonesia.

Terbaru, pemain berusia 21 tahun tersebut masuk ke dalam daftar 28 pemain Timnas Indonesia untuk melakoni FIFA Matchday periode Maret 2023 melawan Burundi.

Timnas Indonesia sendiri baka melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 25 dan 28 Maret 2023. Witan adalah salah satu pemain flop yang tetap dipanggil oleh STY.

Baca Juga: Pemanggilan Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman oleh Shin Tae-yong Banjir Kritikan

Selain Witan, ada Egy Maulana Vikri yang sedang tak perform bersama Dewa United dan Nadeo Argawinata yang penampilannya menurun bersama Bali United,

Para pemain flop ini justru masih dipercaya Shin Tae-yong untuk melawan Burundi nanti. Hal ini pun mengundang tanda tanya lantaran performa para pemain ini sedang menurun.

Khusus Witan, dirinya memang seolah selalu bisa menemukan tempat di Timnas Indonesia. Hal ini sempat terjadi ketika Indra Sjafri menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini, Ada Duel Persis Solo vs Arema FC

Witan yang saat itu masih minim menit bermain, tetap menjadi kepercayaan Indra Sjafri di lini depan Timnas U-19. Kondisi serupa terjadi ketika ia jarang mendapat kesempatan di Eropa, masih dipercaya oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia.

Munculnya pertanyaan mengenai pemanggilan Witan Sulaeman ke Timnas Indonesia untuk melawan Burundi muncul karena statistiknya yang buruk bersama Persija Jakarta.

Witan Sulaeman belum memberi dampak signifikan sejak didatangkan Persija Jakarta pada bursa transfer putaran kedua Liga 1 2022/23. Pemain asal Palu Sulawesi Tengah tersebut didatangkan dari klub Slovakia, AS Trencin, yang bikin publik sepak bola Tanah Air heboh dibuatnya.

Baca Juga: Sandy Walsh Beri Klarifikasi Kenapa Tak Bela Timnas Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday

Statistik Witan bersama AS Trencin tidaklah buruk, Witan mencetak empat gol dan satu assist dari 14 penampilan. Pemain Timnas Indonesia itu pun dinilai bisa dengan mudah beradaptasi dan bersaing di Liga 1.

Namun kenyataannya tidak demikian. Witan belum mencetak gol maupun assist dari enam penampilannya bersama Persija Jakarta di Liga 1 2022/23.

Pelatih Macan Kemayoran, Thomas Doll, bahkan urung mempercayakan Witan Sulaeman bermain penuh. Dari enam laga tersebut, Witan tak pernah mentas 90 menit penuh.

Baca Juga: 3 Pemain Luar Negeri yang Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Burundi

Terbaru, Witan gagal memberi dampak buat Persija Jakarta saat dikalahkan Persik Kediri 0-2 pada Minggu (12/3/2023). Ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dan cuma bermain 30 menit.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak