Hasil Pertandingan FIFA Matchday Pertama: Timnas Indonesia Cukur Habis Burundi 3-1

Indonesia mengalami penurunan di babak kedua.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Sabtu, 25 Maret 2023 | 22:43 WIB
Pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang diciptakan Dendy Sulistyawan saat menghadapi Timnas Burundi dalam FIFA Matchday di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (25/3/2023) malam WIB.

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang diciptakan Dendy Sulistyawan saat menghadapi Timnas Burundi dalam FIFA Matchday di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (25/3/2023) malam WIB.

Gol.bolatimes.com - Laga persahabatan antara Timnas Indonesia vs Timnas Burundi dalam FIFA Matchday di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (25/3/2023) malam WIB berjalan seru. Meski di babak kedua performa menurun Skuad Garuda mencukur habis tim tamu dengan skor 3-0.

Laga 90 menit waktu normal tersebut berjalan cukup sengit. Sebanyak tiga gol dari skuad Garuda tercipta dari kaki Yakob Sayuri (4'), Dendy Sulistyawan (14'), Rizki Ridho (43'). Sementara satu gol dari Burundi diciptakan oleh Pacifice di menit ke-50.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Tak Persoalkan Cuaca Panas di Indonesia, Pelatih Timnas Burundi masih Yakin Bisa Kalahkan Lawan

Dalam laga tersebut, dua tim saling jual beli serangan. Timnas Burundi mengancam di dua menit pertama. Namun duet Elkan Baggott dan Jordi Amat menjawab rasa penasaran publik yang berhasil menjadi pagar hidup bagi pertahanan Indonesia sebelum masuk ke daerah kiper.

Dua menit berselang, skuad Garuda membuka keran gol. Berawal dari peluang Stefano Lilipaly. Dirinya yang merangsek dari sisi kiri lapangan langsung memberi umpan terukur ke tengah yang disambar Yakob Sayuri tanpa pengawalan ketat. Indonesia memimpin 1-0.

Timnas Indonesia masih tetap berusaha menyerang dengan umpan-umpan pendek. Kendati begitu, beberapa ancaman mampu digagalkan pemain Burundi dan tim tamu kembali melakukan serangan balik.

Baca Juga: Menakar Statistik Jordi Amat Menyandang Ban Kapten Timnas Indonesia setelah Fachruddin Aryanto Dirundung Cedera

Gol kedua untuk Indonesia tercipta di menit ke-14. Skema serangan berawal dari gocekan Asnawi Mangkualam yang berhasil memberi umpan ke Rachmat Irianto yang berusaha menendang ke arah gawang.

Namun bola justru ditepis dan mengarah ke kaki Dendy Sulistyawan yang berhasil menggetarkan jala lawan. Skor menjadi 2-0.

Burundi bukan tanpa balasan. Tertinggal dua gol, intensitas serangan tim tamu kian deras. Beberapa kali pertahanan skuad Garuda bergeming. Hal itu terlihat dari tendangan keras Pacifice yang berdiri tanpa kawalan di menit ke-19. Namun laju bola masih di atas mistar gawang.

Baca Juga: Puas dengan Sambutan Warga Indonesia, Striker Timnas Burundi Janji Berikan Pertandingan Menarik

Indonesia tampaknya belum begitu puas dengan dua golnya. Di menit ke-43, Rizki Ridho berhasil menambah angka menjadi 3-0. Bola yang berniat dibuang jauh justru jatuh ke kaki Rizki dan dilepaskan ke gawang lawan.

Burundi tak mau kalah memalukan, pada injury time 45+1, Timnas Indonesia kembali dibuat senam jantung. Tendangan keras mengarah langsung ke gawang. Namun dengan sigap Syahrul Fadil mengamankan bola.

Hingga babak kedua usai, tidak ada lagi gol tercipta dan skor bertahan 3-0.

Babak kedua

Burundi berbalik lebih tajam menyerang. Indonesia justru terlihat tertekan. Akhirnya tim tamu berhasil memperkecil kedudukan lewat tendangan keras di menit ke-50.

Lewat kaki Pacifice, Timnas Burundi mengubah skor menjadi 3-1.

Shin Tae-yong pun mengganti banyak pemain di babak kedua. Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Syahrian Abimanyu, Edo Febriansyah hingga Riko Simanjuntak dimasukkan. Tak lupa Ricky Kambuaya dimainkan di menit ke-80.

Bukan menambah serangan, Indonesia justru semakin tertekan. Menit ke-77 Indonesia nyaris kebobolan. Tapi Syahrul Fadil mampu membaca gerakan lawan dan menggagalkan tendangan.

Marc Klok berniat memberi umpan kepada Dendy Sulistyawan saat menghadapai Timnas Burundi di FIFA Matchday, Sabtu (25/3/2023).
Marc Klok berniat memberi umpan kepada Dendy Sulistyawan saat menghadapai Timnas Burundi di FIFA Matchday, Sabtu (25/3/2023).

Lagi-lagi Indonesia mendapat serangan kilat. Kali ini lewat tendangan kencang ke arah gawang di menit ke-84. Syahrul pun masih bisa menepis bola namun nyaris dimanfaatkan pemain lawan. Kendati begitu gawang Indonesia masih belum mampu dibobol.

Meski terus tertekan, Indonesia cukup tangguh. Kinerja keras Jordi Amat seakan menjadi pahlawan di lini bertahan pada pertandingan pertama ini.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor tak berubah dan bertahan 3-1.

Menang di match pertama, skuad Garuda akan kembali bersua dengan Timnas Burundi di match kedua yang digelar pada 28 Maret 2023.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak