Pelatih Bruno Saltor, Pelatih Sementara yang Bakal Tangani Chelsea

Bruno Saltor akan menggantikan Graham Potter untuk sementara waktu

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 04 April 2023 | 21:00 WIB
Asisten pelatih Chelsea asal Spanyol, Bruno Saltor, memimpin sesi latihan jelang laga Grup E Liga Champions melawan Red Bull Salzburg di London pada 13 September 2022. (AFP/Adrian Dennis)

Asisten pelatih Chelsea asal Spanyol, Bruno Saltor, memimpin sesi latihan jelang laga Grup E Liga Champions melawan Red Bull Salzburg di London pada 13 September 2022. (AFP/Adrian Dennis)

Gol.bolatimes.com - Chelsea akhirnya memutuskan menunjuk Bruno Saltor untuk menjadi pelatih sementara alias caretaker untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Graham Potter.

Munculnya nama Bruno Saltor ini tak terlepas dari keputusan mengejutkan manajemen Chelsea yang memecat Graham Potter dari kursi pelatih kepala pada Senin (3/4/2023) dini hari WIB.

“Chelsea FC telah mengumumkan bahwa Graham Potter telah meninggalkan klub,” bunyi pernyataan Chelsea dalam laman resminya.

Baca Juga: Sudah Baikan, Hokky Caraka Diajak Makan Malam Bersama Ganjar Pranowo

Pemecatan ini sendiri terbilang mengejutkan, mengingat Graham Potter baru ditunjuk sebagai pelatih pada September 2022, atau tujuh bulan lalu.

Akhirnya, The Blues resmi menunjuk Bruno Saltor sebagai suksesor Graham Potter. Sebelumnya, dia merupakan salah satu sosok pelatih yang membantu Potter di staf kepelatihan Chelsea.

Profil Bruno Saltor

Baca Juga: Media Vietnam Merasa Kasihan dengan Indonesia, Ulah Oknum Suporter di Laga BRI Liga 1 jadi Pemicunya

Bruno Saltor merupakan asisten pelatih yang membantu Graham Potter saat menakhodai Chelsea. Dia diajak Potter ketika menerima tawaran The Blues pada 8 September 2022.

Sebelumnya, Bruno Saltor merupakan pelatih yang ditunjuk untuk menjadi Development Coach oleh Brighton & Hove Albion sejak Juni 2019.

Lelaki yang berasal dari El Masnou, Spanyol, ini memang sebetulnya lebih dikenal sebagai pemain alih-alih pelatih. Apalagi, kiprahnya di dunia kepelatihan masih terhitung baru seumur jagung.

Baca Juga: Tetap Ingin Bela Timnas Indonesia Meski Gagal Tampil di Piala Dunia U-20, Ini Alasan Ivar Jenner Cs

Karier sepak bolanya bermula ketika menimba ilmu bersama akademi sepak bola milik RCD Espanyol. Namun, Bruno gagal mendapatkan kesempatan bermain reguler di tim utama.

Sebab, lelaki yang berposisi sebagai bek tengah ini justru harus menjalani masa pinjaman bersama Gimnastic de Tarragona (2001-2002) sebelum bergabung dengan UE Lleida (2003-2006).

Setelah itu, dia memutuskan untuk bergabung dengan Almeira pada 2006 dan menjadi sosok penting yang membantu tim ini meraih tiket promosi pertamanya di ajang La Liga.

Baca Juga: CEK FAKTA: Cristiano Ronaldo Sependapat dengan Indonesia Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20 2023, Benarkah?

Karier Bruno kemudian berlanjut bersama Valencia CF pada 2009. Bersama klub ini, dia menjalani reuni dengan mantan manajernya di Almeria, Unai Emery.

Setelah itu, dia memutuskan untuk meninggalkan Spanyol dan bergabung dengan Brighton & Hove Albion pada 25 Juni 2021. Meskipun saat itu berusia 35 tahun, dia tetap menjadi pilihan utama di posisinya.

Bruno adalah salah satu pemain yang berjasa mengantarkan Brighton promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris setelah menjadi runner-up EFL Championship pada musim 2016-2017.

Pada 10 Mei 2019, Bruno akhirnya mengumumkan keputusannya untuk gantung sepatu pada akhir musim.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak