Profil Park Soon-tae, Pelatih Timor Leste U-22 asal Korea Selatan yang Jadi Lawan Timnas Indonesia U-22

Timor Leste dinakhodai pelatih asal Korea Selatan. Menjelang lawan Timnas Indonesia U-22, mereka sukses membantai Filipina 3-0

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 05 Mei 2023 | 14:45 WIB
Pelatih Timor Leste U-22 asal Korea Selatan, Park Soon-tae. (Dufmedia)

Pelatih Timor Leste U-22 asal Korea Selatan, Park Soon-tae. (Dufmedia)

Gol.bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Park Soon-tae, pelatih Timor Leste yang sesumbar timnya bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Cabang sepak bola putra SEA Games 2023 telah dimulai dan dilangsungkan, di mana masing-masing tim telah melakoni pertandingan di fase grup.

Timnas Indonesia U-22 sejauh ini menjadi tim yang paling mencuri perhatian, karena berhasil menyapu bersih dua laga perdananya di pesta olahraga dua tahunan tersebut.

Baca Juga: Outfit Keisuke Honda di SEA Games 2023 Ramai Dicibir, PM Kamboja 'Ngamuk'

Tak hanya menang dua kali, tim besutan Indra Sjafri itu juga mampu menjadi tim yang paling banyak mencetak gol dan menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan.

Dengan kiprah sejauh ini, jelas bahwa lawan-lawan Timnas Indonesia U-22, terutama di grup A, bisa ciut nyali saat bertemu skuad Garuda.

Tapi hal ini tidak berlaku dari lawan ketiga Timnas Indonesia U-22 di grup A, yakni Timor Leste, yang pede bisa meraih kemenangan atas Marselino Ferdinand kk.

Baca Juga: Puji Setinggi Langit, Media Vietnam Sebut Marselino Ferdinan sebagai Keajaiban Sepak Bola Indonesia

Keyakinan Timor Leste bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-22 datang dari sang pelatih, Park Soon-tae, yang percaya diri dengan kemampuannya di SEA Games 2023 ini.

Ia yakin bisa mengikuti jejak seniornya, Park Hang-seo, meraih prestasi di kawasan Asia Tenggara bersama Timor Leste.

Ucapan itu pun sepertinya bukan pepesan kosong, mengingat di grup A SEA Games 2023, Timor Leste besutannya mampu duduk di peringkat ketiga usai menang atas Filipina dengan skor 3-0, Kamis (4/5).

Baca Juga: Singgung Timnas Indonesia, Presiden Persija Jakarta Ungkap Harapan soal Jadwal Liga 1 2023/2024

Pernyataan jemawanya tersebut pun membuatnya menjadi perbincangan. Lantas, siapakah sosok Park Soon-tae tersebut? Berikut profilnya.

Mantan Pelatih Universitas

Park Soon-tae merupakan pelatih asal Korea Selatan yang dulunya merupakan seorang pemain aktif, layaknya pelatih kenamaan lainnya.

Baca Juga: Bukan Sang Kekasih, Ramadhan Sananta Ungkap Dua Golnya ke Gawang Myanmar Dipersembahkan untuk Siapa

Saat bermain, ia berposisi sebagai bek tengah. Namun kariernya tak begitu cemerlang, dan hanya bermuara di kompetisi domestik, seperti di tim Busan Daewoo Royals dan Pohang Steelers Atoms.

Meski begitu, Park Soon-tae mampu membuat kejutan semasa bermain dengan menjuarai Festival Olahraga Nasional di Korea Selatan pada 1989 silam.

Selain itu, ia juga pernah menjadi juara ketiga dalam Kejuaraan Sepak Bola Profesional Korea Selatan pada 1991 dan juga kompetisi menjadi juara sebuah kompetisi bernama National Unemployment Football Federation di tahun 1992 dan 1994.

Usai kariernya di sepak bola tak berjalan cemerlang, Park Soon-tae menjalani karier kepelatihan, di mana ia sebelumnya melatih tim Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tercatat, ia pernah menjadi pelatih tim SMA Seoul Daedong Information dan SMA Seoul Sports di awal karier kepelatihannya.

Setelah itu, Park Soon-tae naik kelas dengan melatih tim universitas, di mana ia menukangi tim sepak bola Daegu University.

Kariernya di dunia kepelatihan universitas pun berlangsung lama, di mana ia juga memimpin Korean University Selection di Denso Cup dan China International University Football Tournament.

Tak cukup sampai situ, Park Soon-tae juga memimpin tim Korea University Selection dalam sebuah turnamen bertajuk Ho Chi Minh City Cup pada 2008 di Vietnam.

Kiprahnya di level universitas berlangsung cukup lama. Pada 2018, ia memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Daegu University yang telah berlangsung sejak 2002.

Tak diketahui kemana Park Soon-tae melanjutkan kariernya. Akan tetapi, angin membawanya berlabuh ke Asia Tenggara dengan menjadi pelatih Timor Leste untuk SEA Games 2023.

Ia menyusul gerbong pelatih Korea Selatan yang melatih di Asia Tenggara, seperti Park Hang-seo, Shin Tae-yong, dan Kim Pan-gon.

Sejauh ini, tangan dingin Park Soon-tae berbuah manis, di mana Timor Leste mampu duduk di peringkat ketiga grup A SEA Games 2023 dan berpeluang lolos ke semifinal.

Namun untuk lolos ke semifinal, Park Soon-tae diwajibkan meraih kemenangan di dua pertandingan tersisa di grup A, di mana salah satunya melawan Timnas Indonesia U-22.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak