Profil Sin Sovannmakara, Pemain Pertama yang Bobol Gawang Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Sin Sovannmakara menjadi pemain pertama yang berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 11 Mei 2023 | 11:56 WIB
Penyerang Timnas Kamboja U-22, Sin Sovannmakara. (Facebook/Sin Sovann Makara)

Penyerang Timnas Kamboja U-22, Sin Sovannmakara. (Facebook/Sin Sovann Makara)

Gol.bolatimes.com - Gawang Timnas Indonesia U-22 yang sempat terhindar dari kebobolan pada tiga laga awal fase penyisihan Grup A SEA Games 2023 akhirnya dibobol oleh pemain Kamboja, Sin Sovannmakara.

Sin Sovannmakara menjadi pemain pertama yang sukses menjebol gawang Timnas Indonesia U-22 ketika berjumpa Timnas Kamboja U-22 pada laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Rabu (10/5/2023).

Gol yang dicetak oleh Sin Sovannmakara lahir berkat kesalahan para pemain Indonesia dalam mengantisipasi sepakan pojok Nhean Sosidan pada menit ke-45+2.

Baca Juga: Profil Shen Yinhao, Wasit Kontroversial dari China yang Pimpin Laga Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja di SEA Games 2023

Sebab, Muhammad Ferarri dan kawan-kawan tak mengantisipasi keberadaan Sin Savannmakara yang berdiri di dekat tiang kedua. Dia pun bisa menyundul bola hingga menggetarkan gawang yang dikawal oleh Muhammad Adi Satryo.

Ini memang menjadi gol perdana yang bersarang di gawang anak asuh Indra Sjafri. Sebab, pada tiga laga melawan Filipina, Myanmar, dan Timor Leste, Garuda Muda sukses mengakhiri laga dengan catatan cleansheet.

Terlepas dari hal itu, Timnas Indonesia U-22 memang tampil cukup impresif karena hanya kebobolan satu gol. Sebetulnya, Garuda Muda berpeluang kembali kebobolan gol kedua pada laga kontra Kamboja.

Baca Juga: Jadwal Semifinal SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 Menanti Lawan

Beruntung, eksekusi penalti Lim Pisoth sukses dihalau oleh Adi Satryo. Namun, kiper PSIS Semarang ini harus mengakhiri laga karena sempat berbenturan dengan pemain Kamboja saat mengejar bola rebound.

Profil Sin Sovannmakara

Sebagai informasi, Sin Sovannmakara merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Dia lahir di Kandal, Kamboja, pada 6 Desember 2004. Usianya memang cukup muda karena baru 18 tahun.

Baca Juga: Berhasil Cetak Gol Bersama Timnas Indonesia U-22, Beckham Putra Beberkan Rahasianya

Sebelum menapaki jenjang profesional, Sin Sovannmakara sempat menimba ilmu bersama sejumlah akademi, mulai dari Phnom Penh Crown hingga Visakha.

Namun, karier profesionalnya justru dimulai bersama Prey Veng pada 2021-2022. Ini adalah catatan yang cukup mengesankan karena saat itu usianya baru menginjak 17 tahun.

Setelah semusim memperkuat Prev Veng, pemain berpostur 175 cm ini kemudian direkrut oleh salah satu klub besar Kamboja, Visakha.

Baca Juga: Gagal Beri Ending Manis, Keisuke Honda Sampaikan Pesan Haru ke Timnas Kamboja

Kiprahnya di level tim nasional memang cukup apik. Sebab, selain tampil bersama Timnas Kamboja U-22, dia juga sudah merasakan debut di Timnas Senior.

Sejauh ini, Sin Sovannmakara memang selalu menjadi andalan pelatih Keisuke Honda di fase penyisihan Grup A SEA Games 2023.

Sebab, dari empat pertandingan, pemain berusia 18 tahun ini selalu tampil sebagai starter. Hasilnya, sudah ada satu gol yang sukses disumbangkan Sin untuk Angkor Warrior.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak