Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Andalkan Pemain Naturalisasi?

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 12 Mei 2023 | 19:44 WIB
Elkan Baggott gabung latihan Timnas Indonesia jelang lawan Burundi. (Instagram/@pssi)

Elkan Baggott gabung latihan Timnas Indonesia jelang lawan Burundi. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Bisakah skuad Garuda mencetak sejarah dengan lolos dari fase grup?

Timnas Indonesia memiliki waktu kurang lebih tujuh bulan untuk mempersiapkan diri jelang dihelatnya Piala Asia 2023 pada Januari 2024 mendatang di Qatar.

Pada ajang ini, tim berjuluk skuad Garuda tersebut dipastikan akan tampil di grup D, bersama dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top Dunia yang Bakal Jadi Lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

Kepastian ini didapatkan setelah Drawing babak grup dilakukan di Doha, Qatar, Kamis (11/5). Dalam Drawing itu, Timnas Indonesia sendiri berada di pot 4 dan mendapat undian pertama.

Setelahnya, AFC mengundi pot 3, di mana Vietnam menyusul Timnas Indonesia di grup D, dan diikuti oleh Irak dari pot 2, serta Jepang dari pot 1.

Melihat lawan-lawannya di grup D, tim Merah Putih pun bisa dikatakan berada di grup neraka, mengingat sepak terjang lawan-lawannya itu.

Baca Juga: Remehkan Timnas Indonesia U-22, Pelatih Thailand Bahas Final SEA Games 2023 Lawan Vietnam

Jepang hadir di grup D Piala Asia 2023 dengan status juara terbanyak ajang ini. Belum lagi dengan Irak yang juga pernah meraih gelar kompetisi ini pada 2017 lalu.

Sedangkan Vietnam punya rekam jejak apik dengan dua kali menembus perempat final, termasuk pada Piala Asia 2019 lalu.

Berkaca pada sepak terjang lawan-lawannya, Timnas Indonesia pun mau tak mau harus mengerahkan kekuatan terbaiknya, demi bisa mencetak sejarah lolos fase grup Piala Asia 2023.

Baca Juga: Timnas Basket Kamboja Kalahkan Filipina di SEA Games 2023, Media Asing Terkejut

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pun harus memanggil para pemain terbaiknya, untuk mempersiapkan diri jelang melawan lawan-lawannya itu.

Para pemain terbaik Indonesia ini diyakini akan didominasi oleh para pemain naturalisasi dan para pemain keturunan yang berkiprah di luar negeri.

Mengingat Piala Asia 2023 merupakan agenda resmi FIFA, maka kesempatan Shin Tae-yong memanggil para pemain naturalisasi ini pun terbuka lebar.

Baca Juga: Prediksi Susunan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, 4 Pemain Naturalisasi Starter

Nama-nama pemain naturalisasi dan keturunan seperti Sandy Walsh, Elkan Baggott, Shayne Pattynama, dan Jordi Amat, diyakini akan menjadi tulang punggung di lini belakang.

Belum lagi dengan bek-bek lokal yang punya kualitas seperti Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.

Untuk sektor kiper, menurunnya performa Nadeo Argawinata bisa ditutupi oleh Syahrul Trisna. Apalagi dengan bakal hadirnya kiper Panathinaikos, Cyrus Margono, yang akan berganti kewarganegaraan.

Di sektor tengah, nama-nama andalan seperti Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Marselino Ferdinan, akan tetap jadi pilihan utama.

Nantinya sektor tengah ini bisa juga ketambahan Ivar Jenner bisa dibutuhkan, mengingat ia tengah dalam proses naturalisasi.

Untuk lini serang, diyakini Shin Tae-yong masih akan mengandalkan para pemain yang tengah naik daun, seperti Yakob Sayuri, Stefano Lilipaly, Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, hingga Ramadhan Sananta.

Melihat komposisi pemain-pemain ini, Shin Tae-yong pun bisa menggunakan dua formasi sesuai kebutuhan tim dan lawan yang dihadapi.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Formasi 3-4-2-1:

Syahrul Trisna; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Rachmat Irianto, Marc Klok, Shayne Pattynama; Marselino Ferdinand, Stefano Lilipaly; Dendi Sulistyawan.

Formasi 4-3-3:

Syahrul Trisna; Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Rachmat Irianto, Marc Klok, Marselino Ferdinan; Yakob Sayuri, Dendi Sulistyawan, Stefano Lilipaly.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak