32 Tahun Puasa Gelar di SEA Games 2023, Mampukan Timnas Indonesia U-22 Tumbangkan Thailand?

Timnas Indonesia U-22 mampu akhiri dahaga gelar?

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 16 Mei 2023 | 11:35 WIB
Gelandang Timnas Indonesia U-22, Marselino Ferdinan (kiri) merayakan gol ke gawang Filipina bersama gelandang Beckham Putra pada laga Grup A sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023) sore. [dok. PSSI]

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Marselino Ferdinan (kiri) merayakan gol ke gawang Filipina bersama gelandang Beckham Putra pada laga Grup A sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023) sore. [dok. PSSI]

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 berburu emas SEA Games 2023. Syaratnya Garuda Muda harus mengalahkan Thailand di babak final yang digelar hari ini, Selasa (16/5/2023).

Pertandingan Timnas Indonesia U-22 versus Thailand bakal digelar di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja.

Ini bakal menjadi laga penentuan, siapa yang layak menjadi ampiun ajang olahraga multievent Asia Tenggara.

Baca Juga: Final SEA Games 2023: Indra Sjafri Punya Kenangan Manis Kalahkan Thailand di Kamboja

Mengutip Antara, bagi Indonesia, momen ini bisa dijadikan untuk meredakan rasa haus emas kejuaraan dua tahunan itu, yang sudah tidak didapat selama 32 tahun. Terakhir kali emas diraih pada SEA Games 1991 Manila.

Sedangkan bagi Thailand, lolosnya ke final ini juga menjadi kesempatan untuk mengembalikan kejayaan setelah dalam dua edisi SEA Games gagal merebut emas. Tim berjuluk Gajah Perang muda ini terakhir kali merebut emas pada SEA Games 2017 Malaysia.

Melihat kesempatan yang ada, Timnas jelas tidak akan melepaskan peluang tersebut. Persiapan matang sudah dilakukan oleh tim asuhan Indra Sjafri itu sebelum menjalani laga puncak kejuaraan multievent dua tahunan itu.

Baca Juga: 3 Alasan Alfeandra Dewangga Cocok Gantikan Pratama Arhan di Pos Bek Kiri Timnas Indonesia U-22

"Kami sudah berkomitmen dengan para pemain, kami akan memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita," kata Indra Sjafri penuh semangat.

Demi meraih hasil maksimal, satu hari menjelang laga krusial in Garuda Muda melakukan latihan tertutup di lapangan The Dream Visakha Training Camp Phnom Penh. Kondisi ini jelas digunakan untuk memantapkan strategi melawan Thailand.

Pada laga puncak yang sudah ditunggu-tunggu ini, Timnas Indonesia dipastikan tidak turun dengan kekuatan penuh karena ada satu pemain yang dipastikan absen yakni Pratama Arhan, yang menjadi kreator dua gol saat Indonesia menang 3-2 atas Vietnam di semifinal.

Baca Juga: Jelang Lawan Timnas Indonesia U-22 di Final SEA Games 2023, Pelatih Thailand Khawatirkan Hal Ini

Pratama Arhan harus absen karena mendapatkan kartu merah saat pertandingan semifinal SEA Games 2023, namun pelatih Indra Sjafri mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Menurut Indra Sjafri, 20 pemain termasuk Pratama Arhan merupakan pesepak bola terbaik Indonesia pada usianya. Dengan demikian pemain yang dibawa kemampuannya merata dan saat ini semuanya siap diturunkan saat melawan Thailand.

"Termasuk Pratama Arhan kondisinya bagus. Tapi secara regulasi dia tidak bisa main (kartu merah). Jadi kita berkekuatan 19 pemain, yang semuanya siap diturunkan," tegasnya

Baca Juga: Ditanya Soal Bonus andai Timnas Indonesia U-22 Sabet Emas SEA Games 2023, Begini Jawaban Erick Thohir

Sejumlah pemain sudah siap mengisi posisi Pratama Arhan yang dikenal memiliki lemparan dalam jauh yang mematikan.

Sebut saja nama Haykal Alhafiz yang sudah menjadi tim inti saat melawan Kamboja di fase Grup A atau bisa mengandalkan Rio Fahmi yang juga tidak kalah jam terbangnya.

Sementara itu, ini akan menjadi pertemuan keempat bagi Timnas Indonesia U-22 dan Thailand sepanjang sejarah SEA Games. Dari tiga pertemuan sebelumnya, Gajah Perang unggul 2-1.

Menarik untuk disimak, siapa yang akan menjadi pemenang SEA Games 2023.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak